Batam, Ekonomi

Bisnis Properti Makin Tumbuh, Walaupun Ekonomi Kepri Melemah

Juliadi | Selasa 27 Nov 2018 16:35 WIB | 3176



Suasana konferensi pers


MATAKEPRI.COM, Batam - Walaupun pertumbuhan ekonomi Kepri diprediksi melambat pada triwulan IV tahun 2018, namun bagi bisnis properti di Batam yang malah menunjukan pertumbuhan.

"pada triwulan I 2018 pelaku bisnis properti memang sempat waswas. Pasalnya, pertumbuhan ekonomi dari kisaran 1 % meroket hingga 4 %, naik turunnya ekonomi menjadi hal biasa di daerah, dibandingkan awal tahun, memang ada penurunan," ungkap Achyar Arfan, Ketua DPD Real Estate Indonesia (REI) Khusus Batam, Selasa (27/11/2018). 

Achyar Arfan, mengatakan bahwa melambatnya perekonomian merupakan bagian dari koreksi selama ini yang dilakukan pemerintah maupun pengusaha. Kebutuhan rumah tidak pernah turun. Hanya saja daya beli konsumen yang berkurang. 

"Dalam tahun ini tercatat 10.000 hingga 12.000 unit rumah terjual,  dalam waktu dekat kita ada acara di Bali bersama BP untuk promosikan Batam," kata Achyar Arfan. 

perekonomian Kepulauan Riau (Kepri) triwulan IV 2018 diproyeksikan tumbuh melamba. Angkanya  kisaran 3,6 persen - 4,1 persen.
Pelambatan ekonomi Kepri triwulan IV tahun 2018 kisaran 3,6 % - 4,1 % yang di rilis Bank Indonesia (BI), menurut Achyar Arfan, itu hanya di sektor pengolahan industri. Sedangkan dibeberapa sektor lain seperti perdagangan, kontruksi, pertambangan terus tumbuh. (Adi) 



Share on Social Media