Karimun

Wakapolda Kepri Melantik DPC Perhimpunan Melayu Raya Kabupaten Karimun

Juliadi | Sabtu 08 Dec 2018 20:32 WIB | 6804

Polda Kepri


Istimewah


MATAKEPRI.COM, Karimun - Wakapolda Kepri Brigjen Pol Yan Fitri Halimansyah, melantik Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Perhimpunan Melayu Raya Kabupaten Karimun, Jumat (7/12/2018). 

"Terbentuknya dilatarbelakangi oleh kerinduan suasana yang damai, aman tanpa ada perselisihan dan tanpa ada sengketa yang tidak perlu di Provinsi Kepri. Karena daerah kita berbatasan langsung dengan empat negara, maka keamanan bukan hanya dari aparat saja namun diperlukkan peran serta masyarakat di dalamnya," kata Brigjen Pol Yan Fitri Halimansyah, Pembina Utama Melayu Raya Provinsi Kepri.

Menurut Brigjen Pol Yan Fitri Halimansyah, Perhimpunan Melayu Raya tersebut bukan hanya diisi oleh masyarakat suku Melayu saja, melainkan semua suku, ras, golongan dan agama ikut serta di dalamnya.

"Penekanan perhimpunan ini lebih kepada nilai-nilai persaudaran, keakraban dengan menjadikan kearifan budaya Melayu sebagai payung bagi seluruh budaya yang ada di Kepri," ujar Brigjen Pol Yan Fitri Halimansyah. 

Karena melihat saat ini banyak sekali pemanfaatan teknologi yang disalah gunakan tidak pada tempatnya, di mana diketahui media sosial malah dijadikan tempat menghujat, memfitnah serta menyampaikan ujaran kebencian. Maka dengan terbantuknya ini untuk mencegah hal tersebut terjadi di Kepri.

Senada disampaikan Wakil Gubernur Kepri Isdianto, di mana Melayu Raya dapat berkontribusi dalam kehidupan sosial masyarakat, sehingga secara bersama-sama dapat menjaga budaya Melayu saat ini.

"Saya ingatkan juga tahun 2019 sudah dekat. Jadi hendaknya dapat berkontribusi dengan pemerintah dan aparat untuk menjaga keamanan (Pemilu)," Ujar Brigjen Pol Yan Fitri Halimansyah. 

Sementara itu, Tokoh Masyarakat Kepri, DR. H. M. Soeryo Respationo SH, MH, juga mengatakan, Perhimpunan Melayu Raya ini nanti akan dibentuk di kabupaten/kota lainnya, sehingga ini menjadi salah satu perekat ras, suku dan golongan.

"Agar masyarakat tidak terpecah belah dan persaudaraan semakin maksimal di Karimun dan Kepri secara umum. Tentunya nanti akan dibentuk di kabupaten/kota lain dan Kepri. Nanti akan deklarasi di Batam. Kalau se-Kepri sudah terjalin kekompakan maka bisa jadi pilot project bagi Indonesia," papar DR. H. M. Soeryo Respationo SH, MH. 

Turut hadir pada kegiatan yang dilaksanakan di Kelurahan Kapling, Kecamatan Tebing tersebut Wagub Kepri Isdianto, Bupati Karimun Aunur Rafiq, tokoh masyarakat Kepri DR. H. M. Soeryo Respationo SH, MH, Bupati Bintan Apri Sujadi, tokoh masyarakat dan tokoh agama Provinsi Kabupaten Karimun. (***) 



Share on Social Media