Batam

Ratusan Warga Kurang Mampu Antusias Ikuti Khitanan Massal IKMB

Maman | Minggu 23 Dec 2018 18:21 WIB | 6475



Ketua Pelaksana Khitanan Massal, Bidan Atlantika bersama Tim medis.


MATAKEPRI.COM, Batam - Ratusan anak yang sebagian besar dari keluarga yang kurang mampu mengikuti khitanan massal, Minggu (23/12/18). Kegiatan yang digelar Ikatan Keluarga Masyarakat Belitung ( IKMB) Batam merupakan bagian dari program sosial yang rutin digelar setiap tahunnya. Acara kali ini digelar di Posyandu Mawar XXVIII Bengkong Harapan II RT 03 RW 10

Ketua IKMB Batam, Hatman dalam sambutannya mengatakan mengucapkan terima kasih kepada RW 10 atas terselenggaranya pelaksanaan ini.

Hatman juga mengatakan khitanan massal ini periode ketiga dimana sebelumnya diadakan di anggrek mas dan legenda Bali. " Saat ini di bengkong Harapan II" Ucapnya. 


Dikarenakan juga banyaknya warga Belitung di bengkong, kata dia makanya pelaksanaan tahun ini diadakan di Bengkong Harapan II

Kemudian Ketua panitia khitanan massal, Deddy Hade Putra mengatakan Masyarakat sangat antusias sekali dengan kegiatan khitanan massal tersebut. " Alhamdulillah tahun ini pelaksanaan khitanan massal periode ketiga di IKMB sangat antusias sekali " kata Deddy

Dengan antusiasnya masyarakat banyak anak yang ingin disunat namun karena kuota terbatas, IKMB membuat cadangan

"Sebenarnya target awal 100 anak tapi karena tadi banyak yang minta, kita bantu kalau tidak bisa kita tangani, selanjutnya bisa datang langsung ke tempat praktek bidan Atlantika di Tanki Seribu" ujarnya. 

Ia pun mengatakan yang mendaftar ada 124 anak, tapi sampai saat ini yang telah mendaftar ulang ada sekitar 111 anak.


Ditempat yang sama, Ketua pelaksana dalam kegiatan khitanan massal, Bidan Atlantika mengatakan antusias masyarakat sangat tinggi sekali.

Ia pun menyebut dari target awal 100 anak, pada pelaksanaannya melebihi target, yakni 124 anak. " Bagi yang tidak tertampung, bisa langsung datang ke praktek saya di Tanki Seribu, gratis" ujarnya. 

Untuk pelaksanaannya, Ia mengatakan di bantu dari tim medis RS Harapan Bunda, RS Awal Bros, Dinas Kesehatan serta dibantu dari tim medisnya sendiri.

Atlantika juga berharap dengan pelaksanaan khitanan massal ini bisa lebih meningkatkan dan membantu masyarakat yang membutuhkan terutama anak yatim. 

"Untuk tahun depan, Inshaa Allah di bulan puasa kegiatan serupa akan diadakan di punggur, untuk lokasinya sendiri belum tahu, karena nanti ada tim surveynya" tuturnya. 


Ia pun menambahkan pelaksanaan khitanan massal ini secara pribadi sudah yang ketiga belas sedangkan untuk IKMB baru yang ketiga.

Mila, warga bengkong mahkota peserta khitanan massal mengaku bersyukur. Pasalnya dalam keadaan ekonomi yang kurang mampu, dengan kegiatan ini sangat membantu sekali. " Membantu banget, ini kan faktor ekonomi sangat terbantu, contohnya saya sendiri single parent menghidupi anak, dengan kegiatan ini sangat terbantu sekali" katanya. (Irawan)



Share on Social Media