Batam, News

Arus balik melalui Pelabuhan Domestik Sekupang terus meningkat

| Minggu 09 Jun 2019 17:49 WIB | 4361

Hari Raya/Hari Besar


para penumpang yang baru tiba melalui Pelabuhan Domestik Sekupang


MATAKEPRI.COM Sekupang - seiring dengan habis nya masa libur lebaran, para pemudik yang telah berada di kampung halaman mulai kembali berdatangan kembali ke Batam. Salah satu nya melalui Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS) yang sudah mulai meningkat 1 hari setelah lebaran kemarin.


Saat di temui pada Minggu (9/6) Kepala Syahbandar Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS) Pasaoran Samosir mengatakan, untuk jumlah arus balik ke Batam yang melewati PDS ini tidak bisa di perkirakan meski ini merupan hari terakhir libur untuk para Aparatur Sipil Negara (ASN) Karena pada esok hari sudah mulai bekerja kembali.


" Memang kita tidak bisa memperkirakan puncak arus balik nya, namun dari beberapa hari terjadi sampai dengan hari ini terus meningkat " ucapnya.


Pasaoran juga mengatakan meskipun demikian, Namum pihak nya tetap melakukan pengamanan dengan ketat, untuk menghindari hal-hal mengganggu kenyamanan para pemudik.


" Memang pada pengamanan arus balik ini tidak seperti arus mudik, karena jika arus balik mereka dari kapal langsung bisa menuju pintu keluar, sementara untuk arus mudik kemarin harus naik ke lantai 2 baru bisa ke rumah tunggu " jelas nya.


Jadi pada pemudik harus Melewati beberapa ruangan sebelum sampai ke rumah tunggu. Namun hingga kini, seluruhnya bisa di pastikan berjalan dengan aman dan baik.


Sementara itu, untuk menjaga agar tidak terjadi kekurangan armada untuk penumpang, PDS mengizinkan untuk kapal yang bertujuan ke pulau-pulau terdekat bisa beroperasi Hingga 2-3 kali perhari.


" jadi untuk beberapa kapal yang tujuan ke Balai Karimun, buntung, Tanjung baju, Moro, bisa jalan hingga 2 kali. Karena memang tujuan itu dekat, sekitar 1-3 jam perjalanan. Namun untuk ke Dumai hanga di izinkan 1 kali beroperasi dalam sehari " jelas nya.


Berikut jumlah data penumpang yang melewati PDS dari H-7 Hinga hari ini. Jumlah penumpang yang meninggalkan Batam yaitu berjumlah 40.645 Orang, sementara yang datang yaitu berjumlah 24.744 Orang.


Dari informasi yang di dapat oleh Matakepri.com beberapa penumpang pada hari ini yaitu berasal dari pulau di area Batam, seperti Moro, Karimun dan Tanjung Batu. (CW6)



Share on Social Media