Nasional , News, Hukum & Kriminal

Mengaku Memiliki Tambang Batu Bara, Tuhan Di Tipu Seorang Nenek

Juliadi | Sabtu 29 Jun 2019 14:17 WIB | 3638



Foto : Detik.com


MATAKEPRI.COM, Surabaya - Seorang Nenek bernama Dwi Retno (56) menipu pria bernama Tuhan (39) di Lumajang. Kepada Tuhan, Retno mengaku memiliki tambang batu bara dan hotel mewah.


Jumat (28/6/2019), Kapolres Lumajang AKBP DR Muhammad Arsal Sahban menginterogasi Retno yang diserahkan warga 3 hari sebelumnya. Saat dikonfirmasi detikcom, Arsal bercerita mengenai aksi penipuan yang dilakukan Retno terhadap Tuhan yang tinggal di Desa Bago, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang.


"Jadi beberapa hari lalu, Retno mencari laki-laki untuk menemani dirinya jalan-jalan. Ia kemudian dikenalkan pada Tuhan yang tidak memiliki istri," kata Arsal mengulang cerita seorang saksi bernama Kholifah, Sabtu (29/6/2019).


Arsal melanjutkan, kepada Tuhan Retno mengaku memiliki tambang batu bara di Kalimantan, hotel di Banyuwangi dan tabungan sebanyak Rp 15 miliar. Apa yang disampaikan Retno membuat Tuhan percaya lantaran wanita paruh baya itu berlaku royal di depan Tuhan.


"Iya Mas, Jadi si perempuan ini menunjukkan kalau dia royal. Dia membelikan makanan untuk banyak orang," imbuh Arsal berdasarkan pengakuan korban bernama Tuhan.


Baca juga : Sang Ibu Pembunuh 2 Bayi, Akui Sempat Minum 20 Butir Pil Penggugur Kandungan


Retno kemudian mengiming-imingi Tuhan dengan uang Rp 5 miliar. Uang itu akan diberikan jika Tuhan mau menemani kemana ia mau.


Namun seiring waktu berjalan, Retno justru meminjam uang pada Tuhan. Pertama, Retno meminjam Rp 900 ribu. Tuhan pun memberikannya tanpa rasa curiga.


Namun Tuhan mulai curiga setelah melihat Retno mengobrol dengan seseorang menggunakan handphone milih Tuhan yang dalam kondisi mati. Dalam percakapan itu Retno seolah sedang mengurus pengiriman uang dari seseorang untuk dirinya.


"Saat ini Retno kita tahan di sini. Di Lumajang. Tapi banyak yang mengaku menjadi korban penipuan Retno dari berbagai daerah," pungkas Arsal. (***)


Sumber : Detik.com 



Share on Social Media