Tanjungpinang, News

Kegiatan BJRB Tahun 2019 Resmi Di Tutup Dalam Upacara Dipimpin Kafasharkan

Juliadi | Minggu 07 Jul 2019 18:54 WIB | 4101




MATAKEPRI.COM, Tanjung Batu - Kepala Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan (Kafasharkan) Lantamal IV Kolonel Laut (T) Mulyatna, S.T.,  resmi menutup kegiatan Bintal Juang Remaja Bahari (BJRB) tahun 2019, dalam upacara yang digelar di lapangan Joglo Fasharkan Mentigi Tanjung Uban Bintan Kepulauan Riau, Minggu (7/7/2019). 


BJRP tahun 2019 ini diikuti oleh 75 orang peserta yang terdiri dari siswa-siswi SMP Hang Tuah Tanjungpinang, SMAN 1 hingga SMAN 6 Tanjungpinang, kemudian SMKN 1 sampai SMKN 3 Tanjungpinang.


Selain itu BJRB juga diikuti dari Pramuka Saka Bahari Kabupaten Bintan, Pramuka Saka Bahari Kota Tanjungpinang, Pramuka Saka Bahari Kabupaten Tanjung Balai Karimun, dan tidak ketinggalan Keluarga Besar TNI Angkatan Laut (KBTAL) Tanjungpinang.  


Baca juga : Lantamal IV Gelar Bintal Juang Remaja Tahun 2019


Danlantamal IV dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kafasharkan Mentigi Lantamal IV mengatakan  upacara penutupan ini merupakan simbolisasi formal diakhirinya kegiatan Bintal Juang Remaja Bahari 2019.


Selama 3 hari peserta BJRB telah melaksanakan serangkaian kegiatan, yang kesemuanya ini diarahkan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, persatuan dan kesatuan, berjiwa kewiraan, ksatria, kejuangan, serta berwawasan nusantara yang tinggi dengan dilandasi oleh nilai-nilai luhur Pancasila. 


Dikatakan Danlantamal IV, kegiatan ini dititik beratkan pada penanaman rasa cinta tanah air serta tumbuh dan berkembangnya kejuangan dan jiwa bahari dalam diri para remaja sebagai generasi penerus bangsa melalui pengenalan terhadap lingkungan laut dan  segala kegiatan yang berkaitan dengan laut.


Hal tersebut sesuai dengan Undang-Undang RI Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, khususnya Operasi Militer Selain Perang (OMSP), TNI Angkatan Laut melaksanakan program rutin tahunan yang dilaksanakan pada saat liburan sekolah, salah satu diantaranya adalah kegiatan Bintal Juang Remaja Bahari. Kegiatan ini merupakan bagian dari panggilan tugas dan tanggung jawab  TNI Angkatan Laut. Untuk itu TNI Angkatan Laut bertekad akan terus melaksanakan dan mengembangkan pelaksanaan BJRB setiap tahunnya.


"Dengan  selesainya kegiatan ini, diharapkan para peserta benar-benar dapat mengerti, memahami dan menghayati setiap pembekalan yang telah diberikan oleh para instruktur dan narasumber,” pungkasnya.


Sebagai informasi, sebelum upacara penutupan para peserta mengunjungi/open ship kepada 3 (tiga) KRI yang sandar di dermaga Mentigi Tanjung Uban.


Ketiga KRI tersebut yaitu KRI Lemadang-632, KRI Alamang-644 dan KRI Silas Papare-386. 


terbatas menggunakan KAL Marapas II-4-65 dan KAL Mapor II-4-64 yang berangkat dari dermaga Mentigi Tanjung Uban menuju dermaga Yos Sudarso Mako Lantamal IV Tanjungpinang.


Hadir pada acara tersebut Kadispotmar Lantamal IV, Pendukug serta Para Instruktur. (Rilis) 



Share on Social Media