Tanjungpinang, News

Lantamal IV Buka Kegiatan Diseminasi hukum Humaniter Internasional dan Ham

Juliadi | Rabu 10 Jul 2019 15:37 WIB | 3804




MATAKEPRI.COM, Tanjungpinang -  Sebagai kekuatan maritim Indonesia, TNI AL saat ini dihadapkan oleh  tugas strategis, dimana TNI AL harus bergelut dengan situasi dinamika perkembangan yang kompleks. Untuk itu diharapkan para prajurit TNI AL khususnya  para perwira dilingkungan Lantamal IV Tajungpinang mempunyai pemahaman dibidang pengetahuan hukum, khususnya tentang ketentuan hukum Humaniter Internasional dan Ham yang berlaku dalam operasi militer, sehingga sasaran dari kegiatan oeprasional dapat tercapai dengan maksimal.


Hal tersebut dijelaskan oleh Kepala Dinas Hukum TNI Angkatan Laut (Kadiskumal) Laksamana Pertama Kresno Buntoro, S.H., LL.M., Phd saat membuka Diseminasi Hukum Humaniter Internasional dan Hak Asasi Manusia (HAM) TA 2019,  bertempat di GSG Yos Sudarso Markas Komando (Mako) Lantamal IV Jl. Yos Sudarso No 1 Batu Hitam Tanjungpinang Kepulauan Riau, Rabu (10/7). 


Kegiatan Diseminasi Hukum Humaniter Internasional dan Ham TA 2019 ini juga diharapkan agar tidak ada lagi keterbatasan pengetahuan tentang hukum Humaniter Internasional dan Ham dikalangan prajurit TNI AL.


" Tentunya kegiatan ini sangatlah relevan apabila dijajarkan dengan pelaksanaan tugas dimasa sekarang dan masa yang akan datang," jelas Kadiskumal.

  

Kadikumal kembali menghimbau kepada seluruh peserta Diseminasi Hukum Humaniter Internasional dan Ham TA 2019 di Lantamal IV untuk dapat  memanfaatkan moment yang baik ini semaksimal mungkin.


" Perhatikan dan cermati secara seksama apa yang disampaikan sehingga akan menjadi sesuatu yang berguna untuk diri kita dan organisasi," himbaunya.


Diseminasi Hukum Humaniter Internasional dan Ham TA 2019 yang diselenggarakan selama dua hari yaitu mulai dari tanggal 10-11 Juli 2019 ini akan memaparkan enam materi terkait soal Hukum Humaniter Internasional dan Ham, yakni :   


1. Materi :  Netralitas dan San Remo Manual 

Pembicara :  Laksma TNI Kresno Buntoro, S.H., LL.M,. Ph.D. (Kadiskumal)


2. Materi :  Prinsip-prinsip Hukum Humaniter,  Alat dan Cara Berperang 

    Pembicara:  Brigjend TNI (Purn) M. Natsri, S.H., LL.M (ICRC)


3. Materi : Tanggung Jawab Komando

    Pembicara:  Kolonel Laut (KH) Priyambodo, S.H.

                        (Kasubdis  Kumlater Diskumal)


4. Materi :  Pengenalan ICRC

    Pembicara:  Ibu Dini  (ICRC)


5. Materi : HAM Dalam Operasi Militer

    Pembicara : Brigjend TNI (Purn) M. Natsri, S.H.,LL.M (ICRC)


6. Materi : Perlindungan Orang dan Objek Sipil serta Hors de Combat 

    Pembicara: Letkol Laut (KH) R. Deni Nugraha. R, S.H., M.H., M.M., M.Tr. Hanla     

                       (KasiKumter Diskumal)


Jumlah perserta yang ikut dalam  Diseminasi Hukum Humaniter Internasional dan Ham TA 2019 di Lantamal IV  sebanyak 30 personel, yang terdiri dari masing-masing perwakilan personil dari Satuan Kerja (Satker) Mako Lantamal IV (Pomaal, Yonmarhanlan IV dan Stafops Lantamal IV), Unsur Kapal Perang RI ( KRI) dibawah jajaran Satrol Lantyamal IV, Lanal-Lanal dibawah jajaran Lantamal IV, Posal-posal dibawah jajaran Lantamal IV.


Hadir pada acara tersebut Wadanlantamal IV, Para Pejabat Utama Mako Lantamal IV, Kolonel Laut (KH) Priyambodo, S.H., Kasubdis  Kumlater Diskumal, Letkol Laut (KH) R. Deni Nugraha Ramdani, S.H., M.H., M.M., M.Tr. Hanla Kasi Kumter Diskumal, Brigadir Jendral TNI (Purn) M. Natsri, S.H., LL.M dari ICRC, Ibu Dini dari ICRC, para Kepala Dinas Lantamal IV, para Kepala Satuan Kerja Lantamal IV. (Rilis) 



Share on Social Media