Batam, News, Ekonomi

BI Kepri Gelar Syahfest 2019 Selama Dua Hari

Juliadi | Sabtu 20 Jul 2019 20:18 WIB | 3975



Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kepulauan Riau Fadjar Majardi, memberikan sambutan (Foto : Adi)


MATAKEPRI.COM, Batam - Bank Indonesia Kepulauan Riau (BI Kepri) menggelar kegiatan Syariah dan Halal Festival (Syahfest) 2019, yang di buka Walikota Batam bertempat di Dataran Engku Putri, Batam Center, Sabtu (20/7/2019).


Kegiatan tersebut juga akan diadakan selama dua hari Sabtu - Minggu (20-21/7/2019).


Kepala Kantor Perwakilan BI Kepri Fadjar Majardi, mengatakan bahwa Indonesia adalah negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, implikasinya adalah konsumsi produk halalnya terutama makanan.


"Indonesia justru menjadi pasar bagi produk halal dari luar negeri dan di ekonomi syariah, di Indonesia berada jauh dari negara tetangga, "ujar Fadjar, dalam sambutan.


Kepala BP Batam Edy Putra Irawadi, memukul Beduk tanda pembukaan Syahfest 2019 (Foto : Adi) 


Menurutnya produk halal tersebut dapat dipenuhi oleh sendiri, harusnya di luar negeri dikembangkan menjadi  peluang bagi sumber pertumbuhan ekonomi baru.


"Memandang bahwa perkembangan ekonomi keuangan syariah adalah dapat dimanfaatkan sebagai sumber pertumbuhan ekonomi baru ,negara yang telah memiliki visi yang menjalankan strateginya dalam memanfaatkan perkembangan ekonomi dan keuangan syariah di Global, "tuturnya.


Dikatakan Fadjar, Bank Indonesia mendirikan Departemen khusus yang menangani ekonomi syariah dan langkah-langkah bersama dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia menjadi dasar dalam perumusan master plan ekonomi syariah di Indonesia.


Foto bersama Kepala BP Batam, Walikota Batam, Kepala Kantor Perwakilan BI Kepri dan dua orang undangan dari Singapura dan Malaysia (Foto : Adi) 


Lanjut Fadjar, keuangan syariah yang diluncurkan oleh Presiden RI akan menjadi pusat ekonomi syariah terkemuka dunia yang pertama pemberdayaan ekonomi syariah.


"festival seperti yang kita lakukan hari ini, festival ini dilaksanakan di Provinsi Kepri merupakan rangkaian dari kegiatan festival Syariah Bank Indonesia. Kegiatan festival di tingkat provinsi ininya nanti di tingkat wilayah untuk Sumatera yang akan dilaksanakan di Palembang tanggal 3 sampai 5 agustus nanti, "jelasnya.


Fadjar, juga menjelaskan Syahfest merupakan kegiatan Road To Fesyar yang rutin diadakan setiap tahun sejak 2017 oleh Kantor Perwakilan BI Kepri.


Lanjutnya Kegiatan ini mengangkat tema "Penguatan Ekonomi Syariah Dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Kepulauan Riau" dengan tujuan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterlibatan berbagai segmen masyarakat ekonomi syariah di Provinsi Kepri. (Adi) 



Share on Social Media