News, Lingga

Pemkab Lingga Siap Terapkan Aplikasi Terintegrasi dari IPDN Demi Peningkatan Kualitas Pelayanan

Juliadi | Rabu 24 Jul 2019 09:29 WIB | 333




MATAKEPRI.COM, Lingga – Menindaklanjuti penandatanganan kerjasama bidang Sumber Daya Manusia Aparatur, Penelitian  dan Pengkajian Pengabdian pada Masyarakat  dan Pemberdayaan Masyarakat antara Pemkab Lingga dengan IPDN pada tanggal 13 Juli 2019 di Gedung Daerah Daik beberapa waktu lalu, Bupati Lingga Alias Wello langsung memimpin rombongan Pemkab Lingga sebanyak 8 orang yang berasal dari Badan  Perencanaan, Penelitian dan Pembangungan dan Inspektorat.


Turut mendampingi Bupati Lingga, Asisten I bidang Pemerintahan, Rusli; Kepala BKPSDM, Ruli; Kabag Kominfo dan Humas, Zainal Abidin; dan beberapa orang Kabid.


Kunjungan ini merupakan komitmen dan bukti keseriusan Pemkab Lingga atas kerjasama tersebut, sekaligus melihat secara langsung keberadaan Kampus IPDN (23/04).


Kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (Institute Government of Home Affairs) berlokasi di jalan Ampera Raya, Cilandak, Jakarta didirikan pada tanggal 17 Maret 1956 oleh Bung Karno, Presiden Pertama RI yang berada di atas lahan seluas 2.789.650 m2 dengan luas bangunan 627.677, 04 m2 yang terdiri dari 1 ruang besar dan 56 ruang kecil, 38 gedung asrama mahasiswa dan 18 fasilitas penunjang lainnya. Memiliki program Strata (S1), Program Magister (S2) Administrasi Pemerintahan Daerah dan Program Doktor (S3) Ilmu Pemerintahan.


Saat memasuki pintu gerbang Kampus IPDN, disamping pintu berdiri dengan gagahnya patung Sang Proklamator, Penyambung Lidah Rakyat, Sang Orator “Soekarno” setinggi 3,4 meter dengan genggaman tongkat komandonya. Patung ini wujud penghormatan dan penghargaan atas jasa beliau sebagai pendiri IPDN dan Lemhanas. Patung ini seakan-akan sebagai simbol bahwa kita memasuki area tempat dilahirkannya para konseptor / agen perubahan, para calon birokrat dan calon pemimpin masa depan, sehingga kita merasakan aura kewibawaan dan kedisiplinan para prajanya.


Seperti kita ketahui, IPDN memiliki visi “menjadi pendidikan tinggi kepamongprajaan terpercaya dalam menghasilkan kader pemerintahan yang berkompetensi, berkarakter dan berkepribadian”; sedangkan misinya “mengembangkan pendidikan kepamongprajaan akademik, vokasi dan profesi berbasis teoritis, legalitas dan empiris.” Dengan visi dan misinya ini tak diragukan lagi, para alumninya siap diterjunkan untuk membantu jalannya roda pemerintahan.


Dengan berbagai kesuksesan yang diraih oleh para kader / alumninya, tidak heran kampus IPDN ini menjadi kampus primadona yang dilirik oleh para siswa tamatan SMA sederajat se-Indonesia.


Pada kunjungan ini, rombongan Pemkab Lingga disambut dan diterima oleh Direktur Pasca Sarjana IPDN yakni DR.Sampara Lukman, M.A., didampingi oleh Tim Teknis yakni DR.H.Dadang Suwanda, SE,.MM.,M.Ak.,CA., dan DR.H.Ali Hanafiah Muhi, MP.


Pada pertemuan ini diharapkan wilayah barat Kabupaten Lingga menjadi Centre Aplikasi yang terintegrasi dari aplikasi-aplikasi yagn ada di masing-masing OPD. Artinya data-data yang ada saat ini masih bisa digunakan. Aplikasi yang ada di IPDN ini akan dihibahkan kepada Pemkab Lingga dalam rangka untuk percepatan pelayanan yang optimal. Aplikasi-aplikasi yang diserahkan ini diantaranya adalah Simkeu BLUD, Sistem Aplikasi E-Keuda Pemda, juga semua aplikasi mulai dari E-Planning sampai kepada E-Budgetting harus terintegrasi.


Pertemuan yang diadakan diadakan di gedung pasca sarjana IPDN lantai I tersebut berjalan secara keakraban, sehingga semua peseta yang hadir tampak penuh semangat, karena aplikasi yang terintegrasi ini paling lambat pada tahun 2020 sudah bisa diterapkan di pemerintah daerah.


Dalam wejangan DR Dadang, beliau menjelaskan secara rinci tentang aplikasi terintegrasi tersebut, sehingga menambah wawasan dan pengetahuan para peserta.


Pada kesempatan ini, Bupati Lingga menyampaikan apresiasinya kepada pihak IPDN yang telah menerima pemkab Lingga dan memberikan pencerahan tentang “Aplikasi yang terintegrasi” sehingga dikotomi aplikasi antar OPD bisa diminimalisir.


Sebagai informasi, saat ini Bupati Lingga H.Alias Wello, S.IP tercatat sebagai mahasiswa program magister di kampus IPDN ini. Beliau mengharapkan para generasi muda, anak-anak daerah Lingga dan para PNS bisa menyusul jejaknya menimba ilmu di kampus ini.


“IPDN sebagagai perguruan tinggi kepamongprajaan merupakan kawan candradimukanya menggembleng kader-kader pemerintahan yang tangguh bagi NKRI, “Qualified Leadership dan Manager Administrative“, terutama dalam menyelenggarakan tugas-tugas urusan pemerintahan umum,” paparanya berapi-api.


IPDN juga masuk sebagai anggota kerjasama perguruan tinggi dalam dan luar negeri dalam wadah International Conference on Public Organization (ICONFO). Di bidang berbasis IT, IPDN telah mengembangkan sarana ICT untuk menunjang E-Learning, E-Office, Layanan Pengadaan secara elektronik / LPSE (E-Procurement), Layanan Informasi Kepustakaan (E-Library) serta untuk mempercepat proses pembangunan / pengembangan E-Office di lingkungannya dengan aplikasi “Paperless Office” (PLO IPDN). (NAZILI)



Berita Terkait

Tidak ada berita terkait