Batam, News

Dinasker Kota Batam Adakan Pemagangan Ke Jepang

Juliadi | Senin 26 Aug 2019 14:37 WIB | 2324

Pemko/Pemda/Pemrov/Pemerintah


Peserta pemagangan di Jepang (Foto : Adi)


MATAKEPRI.COM, Batam - Dinas Tenaga Kerja (Dinasker) Kota Batam, menyeleksi 180 peserta rekrutmen pemagangan ke Jepang, Senin (26/8/2019) bertempat di Gedung Pemerintah Kota (Pemko) Batam, Jalan Engku Putri Batam Centre.

 

Dikatakan Kadisnaker Kota Batam, Rudi Sakyakirti bahwa dalam seleksi tersebut, kebanyakan di ikut lulusan dari SMK Kota Batam. Sedangkan untuk lulusan SMA harus mempunyai sertifikat khusus.


Dijelaskan Rudi, persyaratan dari peserta yakni, umur maksimal 25 tahun, tidak bertato, tidak bertindik, tidak berkacamata, tidak pernah patah tulang, memiliki KTP Batam dan memenuhi sejumlah persyaratan lainnya.


Lanjut Rudi, setelah persyaratan itu terpenuhi para peserta pada tanggal 3 September 2019 akan mengikuti tes Matematika dan fisik. Dan fisik mereka akan dilatih fisiknya di Mapolda Kepri.


Rudi, menambahkan bahwa selesai semua tes dinyatakan lulus, para peserta akan dibor lagi terkait kemampuan bahasa dan sebagainya di Jakarta.


Rudi, berharap mendapat peserta dari Batam yang terbanyak akan di kirim ke Jepang dan tidak ada kuotanya. 


Dikatakan Rudi, bagi peserta yang lulus dari semua ujian, akan di kirim ke Jepang selama tiga tahun. Yang akan bekerja di perusahaan bidang manufaktur di jepang. 


"Berapa perusahaan, kita belum tahu," ucap Rudi. 


Rudi, menuturkan kegiatan pemagangan ini merupakan kerja sama antara Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) RI, Pemerintah Jepang, dan Pemko Batam, untuk angkatan tahun pertama.


Menurut Rudi, sebelumnya kemenaker juga menggandeng Pemerintah Provinsi Kepri, terkait pemagangan ini. (Adi) 



Share on Social Media