Nasional , News, Politik

Tanggapan Ibas Soal Menteri Kabinet Jokowi

Juliadi | Selasa 22 Oct 2019 16:18 WIB | 4228

Presiden RI/Wakil Presiden RI
DPR RI /DPD
Menteri/Wamen


Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas). Foto : CNN Indonesia


MATAKEPRI.COM, Jakarta -  Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) menegaskan partainya menyerahkan secara penuh kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) selaku pemilik hak prerogatif untuk menentukan para menteri-menterinya yang akan mengisi kabinet di pemerintahan selama lima tahun ke depan.



Demokrat sekadar memberikan apresiasi terhadap menteri-menteri yang dipilih Jokowi.


"Kami menyerahkan penuh karena ini kan hak prerogatif presiden ya, tentu partai Demokrat tidak dapat menilai lebih lanjut, kami hanya memberikan apresiasi, kami hanya menonton dan melihat," kata Ibas di Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (22/10/2019).


Ibas berharap tokoh yang dipilih Jokowi punya kompetensi untuk mengisi kursi menteri dan sesuai dengan visi pemerintahan. 



Sikap Demokrat, lanjut Ibas, akan mendukung pemerintahan Jokowi bila mantan Gubernur DKI Jakarta itu mampu membawa pembangunan dan peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat.


"Selama ini menyampaikan kami akan selalu mendukung penuh jika mana pemerintahan presiden dan bangsa kita ini dibawa menuju bangsa yang lebih maju lebih berkeadilan, lebih damai dan bersatu," kata dia.




Sebaliknya, Ibas mengatakan Demokrat akan menjadi mitra kritis pemerintah bila pelbagai program dan kebijakan tak sesuai dengan keinginan masyarakat.




"Yang penting negara adil, rakyat sejahtera. Selama ini sama Partai Demokrat, fraksi Demokrat yang sudah baik dilanjutkan, yang belum baik diperbaiki," kata Ibas.




Ibas sendiri mengaku Demokrat belum bersikap terkait keputusan untuk bergabung dalam koalisi atau berada di luar pemerintahan. 


Ia mengatakan dirinya akan mendengarkan lebih lanjut pandangan-pandangan resmi dari Partai Demokrat.


"Saya tidak dalam konteks menentukan posisi saat ini," kata dia.



Presiden Jokowi sejak Senin hingga hari ini telah memanggil puluhan orang dari beragam latar belakang yang disebut-sebut akan menduduki kursi menteri di periode kedua pemerintahannya. 


Terhitung sekitar 30 tokoh mendatangi Istana Negara untuk berbicara dengan Presiden Jokowi. Mereka berasal dari kalangan profesional, mantan menteri, partai politik, hingga bekas anggota tim sukses. 



Sebagian dari mereka menyatakan telah mendapat tawaran mengisi kursi menteri.



Demokrat sendiri santer dikabarkan bakal bergabung masuk dalam pemerintahan Jokowi. Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono bahkan sudah bertemu Jokowi di Istana. (***)


Sumber : CNN Indonesia




Share on Social Media