Batam, News

Wujud Kecintaan Kodim 0316/Batam Berikan sosialisasi Bela Negara Di SMKN 1 Batam

Juliadi | Minggu 17 Nov 2019 13:34 WIB | 3519

TNI/Polri
Siswa/Mahasiswa



MATAKEPRI.COM, Batam - Komando Distrik Militer (Kodim) 0316/Batam 2019 melaksanakan kegiatan sosialisasi Bela Negara menjaga keutuhan NKRI yang diikuti oleh 250 Siswa/Siswi SMK N 1 Batam bertempat di Aula SMK N 1 Batam dan kegiatan kepramukaan yaitu sosialisasi Satuan Karya Wira Kartika di ikuti oleh 150 Peserta Pramuka bertempat di Lapangan Sepak Bola SMKN 1 Batam, Sabtu (16/11/2019).


Dalam Sosialisasi Bela negara, Pasiter Kodim 0316/Batam menyampaikan secara umum tentang pentingnya pemahaman dan aplikasi daripada 4 Pilar Kebangsaan agar tidak luntur dan terkikis oleh perkembangan kondisi sosial masyarakat dan arus globalisasi.


Secara khusus Kapten Inf HP Bangun juga mengajak  agar Belajar merupakan tugas dan tanggung jawab sebagai Siswa - Siswi SMKN 1 Batam dan merupakan wujud  Bela Negara kepada Bangsa dan Negara.


Selain hal tersebut dalam sosialisasi tersebut disampaikan materi tambahan tentang bahaya narkoba, materi ini sengaja di sampaikan agar para siswa jangan sekali - kali mengenal Narkoba  karena  jawabannya adalah kehancuran masa depan bagi generasi muda.


Pada kegiatan lainnya yaitu kepramukaan juga tak kalah serunya karena materi dasar PBB dan Kerjasama Tim dalam bentuk permainan Out Bound dilaksanakan dengan semangat.


Kegiatan tersebut dimaksudkan agar  membangun rasa kekompakan dan kerjasama tim agar dapat mencapai tujuan yang akan dicapai.


Selain tersebut di hadapan peserta pramuka Pembantu Letnan Satu (Peltu) Susilo Bati Wanwil Siter Kodim 0316/Batam memperkenalkan kepramukaan saka waira kartika yang mempunyai 5 (lima ) Krida yakni Survial, Pioner, Mountainering, Navigasi Darat dan Bencana Alam.


Dengan menguasi krida - krida tersebut diharapkan pramuka yang anggota Saka Wira Kartika dapat berperan di masyarakat serta menjadi contoh dalam membantu mengatasi kesulitan dilingkungan tinggalnya masing - masing.


Selain materi kepramukaan para peserta juga dibekali latihan dasar PBB agar nantinya dapat lebih disipilin  dalam proses belajar di lingkungan sekolah dan masyarakat.


"Berbuatlah yang terbaik bagi dirimu, keluargamu, Sekolahmu serta Bangsa Indonesia. Jadilah generasi muda yang berkarakter kebangsaan dengan mengedepankan Kebinneka Tunggal Ikaan, "ungkap Peltu Susilo.


Pada akhir kegiatan tersebut Hudawi, selaku Bagian Kesiswaan merasa bangga karena Kodim 0316/Batam sudi hadir memberikan pembekalan kepada para siswa dan Siswi SMKN 1 Batam, ini membuktikan kecintaan Kodim 0316/Batam dalam melaksanakan pembinaan perlawanan wilayah.


"Melalui sosialisasi yang telah disampaikan dan harapannya Kodim dapat bersinergi dengan Dinas Pendidikan Kota Batam dan membuat kalender sosialisasi seperti ini di Sekolah - Sekolah lain, "tutup Hudawi. (Pendim 0316) 



Share on Social Media