Tanjungpinang, News

Segenap Prajurit Dan PNS Lantamal IV Ikuti Jam Komandan

Juliadi | Senin 23 Dec 2019 20:29 WIB | 3739

AD/AL/AU
TNI/Polri


Para prajurit dan PNS Lantamal IV, Senin (23/12/2019). Foto : Kadispen Lantamal IV


MATAKEPRI.COM, TANJUNGPINANG – Segenap Prajurit dan PNS Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang, mengikuti kegiatan Jam Komandan yang berlangsung di Gedung Serba Guna (GSG) Yos Sudarso Markas Komando (Mako) Lantamal IV Jl. Yos Sudarso No. 1 Batu Hitam Tanjungpinang Kepulauan Riau, Senin (23/12).


Jam Komandan yang dipimpin langsung oleh Komandan Lantamal (Danlantamal) IV Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah, S.E., M.A.P., adalah dalam rangka Bulan Tri Sila TNI Angkatan Laut.


Danlantamal IV dalam  pengarahanya mengatakan bahwa “Sejarah pertama dicetuskannya Tri Sila TNI Angkatan Laut yaitu oleh Komodor Yos Sudarso adalah karena terjadi keresahan dan ketidakpuasan di kalangan Perwira TNI Angkatan Laut yang disebabkan adanya kebijakan untuk menerima dan mengangkat mantan anggota Koninklijk Nederlands Indisch Leger (KNIL) dan Koninklijk Marine (KM) menjadi anggota Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI)”, tuturnya.


Danlantamal IV juga mengatakan “Makna dari tiap-tiap butir-butir dari Tri Sila TNI Angkatan Laut seperti Disiplin, Hirarki dan Kehormatan Militer sudah menjadi satu kesatuan yang utuh dan sudah menjadi denyut nadi bagi setiap Prajurit TNI Angkatan Laut”, ujarnya.


Lebih jauh dikatakan bahwa “Nilai-nilai yang terkandung di dalam Tri Sila TNI Angkatan Laut seperti Disiplin merupakan sikap mental dan merupakan gambaran dari kualitas moral yang berkaitan dengan keperibadian serta disiplin adalah tanggung jawab bagi setiap individu, setiap atasan, setiap kesatuan atau organisasi.


Selain itu tentang Hirarki merupakan struktur kewenangan yang berjenjang mulai wewenang paling atas sampai wewenang paling bawah yang mencerminkan kehidupan prajurit TNI Angkatan Laut.


Kemudian yang terakhir Kehormatan Militer merupakan kebesaran dan kemuliaan, atau keagungan militer yang mengedapankan sikap mental dengan menjauhkan diri dari setiap perbuatan, ucapan dan pikiran yang dapat menodai nama baik militer”, jelasnya.


Dipengujung pengarahannya Danlantamal IV menegaskan implementasi Tri Sila TNI Angkatan Laut yaitu “Setiap Prajurit memberi penghormatan dengan ikhlas, bangga dan benar berdasarkan peraturan penghormatan, kemudian menggunakan seragam dinas harus rapi, bersih dan benar sesuai dengan Peraturan Seragam Dinas TNI/TNI Angkatan Laut.


Melaksanakan perintah dan mempertanggungjawabkan pelaksanaannya berdasarkan rantai komando, kemudian menghindari perbuatan yang memalukan diri sendiri, keluarga, Korps dan Negara”, pungkasnya.


Sebagai informasi sebelum di tutup Jam Komandan, dilaksanakan sesi tanya jawab dan sesi foto bersama di depan Mako Lantamal IV.


Hadir dalam acara tersebut Wadanlantamal IV Kolonel Laut (P) DR. Imam Teguh Santoso, S.T., M.Si., Para Pejabat Utama Lantamal IV, Para Kepala Dinas Lantamal IV, Para Kepala Satuan Kerja Lantamal IV, Para Pamen Lantamal IV. (***/Kadispen Lantamal IV)



Share on Social Media