Natuna

Sejumlah Jalan Utama di Ranai Rusak, Ini Penyebabnya

| Senin 02 Jan 2017 01:08 WIB | 3354



Istimewa


MATAKEPRI.COM, Natuna - Sejumlah ruas jalan di Ranai, Ibukota Kabupaten Natuna mengalami kerusakan. Kondisi ini banyak menjadi perhatian politisi yang duduk di bangku Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Natuna.

Wakil Ketua Komisi II DPRD Natuna, Marzuki mengingatkan pemerintah soal keberadaan drainase jalan lingkungan dalam kota terkesan terabaikan dari pembangunan ini. Menurutnya, pemerintah banyak menghabiskan banyak anggaran untuk melakukan tambal sulam.

“Saya melihat persoalan jalan kita, khususnya jalan dalam kota terlebih persoalan drainase. Kita lihat saja, sepanjang jalan poros di Ranai berapa sih yang ada parit atau drainasenya, paling sekitar 5 persen saja,” katanya seperti dikutip di wartakepri.co.id, Minggu (1/1/2017).

Tak hanya drainase, posisi jalan yang cukup rendah dari pemukiman sekitar membuat air genangan menjadi lebih tinggi. Genangan inilah lambat laut membuat kualitas aspal menurun dan hancur saat dilalui kendaraan.

“Walau sudah diaspal, sudah dilakukan tambal sulam, kalau itu genangan masih ada, maka kena air bisa rusak lagi,” jelasnya.

Politisi Gerindra yang juga mantan Jurnalis, kini percaya publik sebagai Anggota DPRD Dapil II ini menilai, sepatutnya pemilik rumah toko (Ruko) di sepanjang jalan wajib menyediakan drainase. Apalagi yang berada di jalan protokol.

“Jangan malah ditimbun, dan wajib bagi pelaku usaha atau Ruko untuk membangun drainase pembuangan baik di depan maupun di samping,”ungkapnya.

Camat Bunguran Timur Asmara Juana mengatakan respon laporkan warga terkait jalan dan drainase. Pihaknya juga akan secepatnya mendata beberapa titik yang kerap menjadi genangan air dan jalan perlu perbaikan usulkan ke dinas teknis.

”Kecamatan hanya boleh buat usulan tak lebih dari itu. tak diberi biaya pemeliharaan jalan,paling nanti kita gotong royong untuk atasi sementara,” tutur Asmara juana yang tiga Hari dilantik menjadi Camat Bunguran Timur sebelumnya camat bunguran Barat. (redaksi)



Share on Social Media