News

Ada 71 Adegan Pembunuhan di Pulomas yang akan Diperagakan

| Kamis 05 Jan 2017 22:14 WIB | 2775



Persiapan prarekonstruksi pembunuhan, perampokan dan penganiayaan di Pulomas (istimewa)


MATAKEPRI.COM, Jakarta- Sebanyak 71 adegan prarekonstruksi yang akan dipragakan oleh anggota kepolisian dalam kasus pembunuhan keluarga arsitek Dodi Triono di Jalan Pulomas Utara, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur pada Jumat (6/1/2017).

Pihak kepolisian melakukan sebagian kegiatan prarekonstruksi tersebut secara tertutup untuk adegan yang ada di dalam rumah, sedangkan untuk adegan di luar dan teras rumah masih dapat diliput oleh jurnalis asalkan tidak melewati garis polisi yang sudah dipasang.

"Ada 71 adegan yang diperagakan dalam prarekonstruksi hari ini, kenapa disebut pra karena hanya satu pelaku yang dihadirkan dan untuk peran dari korban digantikan oleh pemeran pengganti dari kepolisian," ujar Azam Khan, salah satu kuasa hukum yang ditunjuk keluarga dari Dodi Triono kepada jurnalis, Jumat (6/1/2017).

Menurutnya, pihak kepolisian menyebutkan adegan tersebut untuk semakin memperjelas dan mencocokan keterangan dari para korban yang selamat dibandingkan dengan keterangan para pelaku yang ditangkap hidup-hidup.

"Keterangan itu juga disinergikan dengan bukti rekaman kamera pengintai (CCTV) yang sudah didapatkan kepolisian dan nanti akan terkonfirmasi di lapangan awalan kronologis dari awal datang ke rumah, melakukan perampokan, penyekapan, dan hingga meninggalkan rumah korban," tambahnya.

Disebutkannya, hanya korban selamat laki-laki yang dihadirkan dalam prarekonstruksi tersebut, sedangkan untuk pelaku yang dihadirkan hanya Ridwan Sitorus alias Ius Pane, sedangkan para korban dan pelaku yang meninggal diperagakan oleh anggota kepolisian.

Menurut hasil pengamatan SP di lokasi, adegan yang terlihat dari luar adalah saat kedatangan para pelaku, kemudian salah satu supir dari korban Dodi Triono atas nama Yanto masuk ke dalam rumah dan membuka pagar dengan menggunakan sepeda motor, mobil Honda Jazz RS warna metalik dengan nomor polisi B-268-NAA masuk ke dalam rumah.

Adegan prarekonstruksi dari adegan satu sudah dimulai sejak Pukul 07.30 WIB, dan pada sekitar Pukul 10.30 WIB sudah hendak menyampai adegan terakhir di mana para pelaku hendak meninggalkan rumah korban dengan mobil Suzuki Ertiga dengan nomor plat B-1278-EOP. (*)



Share on Social Media