News

19 Orang Tewas, Saat Kapal Kelebihan Muatan di Sungai Gangga India

| Minggu 15 Jan 2017 08:00 WIB | 2759



ilustrasi korban tenggelam


MATAKEPRI.COM - Sebanyak 19 dari 40 penumpang dalam peristiwa kapal terbalik di Sungai Gangga, India Ditemukan tewas. 

"Kami mengonfiramsi bahwa 19 orang tewas. Regu penyelamat masih mencari keberadaan mereka yang hilang," ujar Inspektur Senior Polisi Manu Maharaj kepada AFP, Sabtu (14/1/2017).

Sebelum terbalik, kapal tersebut mengikuti rangkaian acara Festival Layang-layang di Patna, India. 

Festival itu merupakan bagian dari acara upacara Makar Sankranti yang juga diisi dengan penerbangan layang-layang dan ritual lainnya.

Media lokal menyebut kapal itu kelebihan muatan karena mengangkut penumpang yang ingin berpartisipasi dalam perayaan tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Negara Bagian Bihar. 

Menteri Kepala Negara Nitish Kumar telah memerintahkan penyelidikan terhadap peristiwa itu. Kumar juga mengumumkan kompensasi sebesar 400 ribu Rupee ($ 5.900) bagi keluarga dan korban.

Kecelakaan kapal kerap terjadi di India, biasanya kecelakaan itu terjadi akibat kelebihan muatan, pemeliharaan yang buruk, longgarnya peraturan dan kurangnya jaket penyelamat serta peralatan keselamatan lainnya.

Sebelumnya pada September 2015, sedikitnya 20 orang tewas pada insiden terbaliknya sebuah kapal ferry. Kapal itu terbalik saat sungai yang meluap di timur laut India. (*)




Share on Social Media