News

Komandan Pemberontak Ukraina Tewas Akibat Serangan Bom Mobil

| Minggu 05 Feb 2017 06:17 WIB | 2562



Serangan bom mobil menewaskan komandan pemberontak Ukraina, Oleg Anashchenko. Foto/Istimewa


MATAKEPRI.COM, Kiev - Seorang komandan senior pasukan pemberontak pro Rusia di Ukraina timur tewas dalam serangan bom mobil di Luhansk. Demikian pernyataan yang dikeluarkan kelompok pemberontak pro Rusia.

Oleg Anashchenko secara de facto menjabat sebagai menteri pertahanan dari kelompok yang memproklamirkan dirinya sebagai Republik Rakyat Luhansk (LNR). Para pemberontak menyalahkan Ukraina untuk aksi terorisme itu. 

Juru bicara pemberontak Andrey Marochko mengatakan dinas rahasia Ukraina dicurigai berada di balik serangan itu, yang katanya ditujukan untuk mendestabilisasi republik. "Kami akan melacak pelaku tindakan mengerikan ini dan mereka akan menerima hukuman yang sesuai," katanya seperti dikutip dari BBC, Minggu (5/2/2017).

Namun, Kiev membantah terlibat dalam serangan yang terjadi pada Sabtu kemarin itu. Sebaliknya, pejabat Kiev menyatakan Anashchenko tewas diduga sebagai akibat perebutan kekuasaan internal di antara para pemimpin kelompok pemberontak.

Sejumlah komandan dari LNR dan wilayah tetangganya yang memproklamirkan diri sebagai Republik Rakyat Donetsk (DNR) tewas dalam beberapa bulan terakhir. Selain itu, serangan bom mobil tersebut mengikuti minggu paling berdarah akibat bentrokan antara pasukan Ukraina dan pemberontak yang didukung Rusia sejak 2015.

Minggu ini terjadi eskalasi dalam kekerasan di Ukraina timur, dengan sejumlah serangan yang dilaporkan telah menewaskan sedikitnya 35 orang. Ada kekhwatiran jumlah korban tewas yang sebenarnya jauh lebih tinggi.(SINDONEWS.Com)



Share on Social Media