Kesehatan

Benarkah Ukuran Payudara Mempengaruhi Risiko Kanker Payudara?

| Selasa 07 Feb 2017 16:22 WIB | 2460




MATAKEPRI.COM, Jakarta -Jakarta, Banyak kabar yang menyebutkan semakin besar ukuran payudara maka semakin besar kemungkinan terkena kanker payudara. Lantas, benarkah ukuran payudara memengaruhi risiko kanker payudara?

"Ukuran payudara nggak memengaruhi risiko kanker. Mau besar atau kecil sama-sama berisiko," kata dr Valentina Fransisca Wibowo kepada detikHealth baru-baru ini.

Ia mengatakan kanker payudara tidak berkaitan dengan ukuran, melainkan pada hormonal. Ketika seseorang memiliki hormon estrogen yang berlebihan, maka semakin tinggi pula risiko kanker payudara pada orang tersebut.

Sementara untuk mendeteksi dini kanker payudara, dr Sisca mengingatkan untuk rutin melakukan periksa payudara sendiri (sadari) satu bulan sekali. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui apakah ada perubahan atau benjolan pada payudara.

"Raba dari ujung ketiak hingga payudara menggunakan tiga jari, yaitu jari manis, tengah dan telunjuk karena itu yang sensitif. Raba dengan pola zig-zag ataupun bunga," imbuh dr Sisca.

Selain itu, dr Sisca mengatakan, sebaiknya sadari dilakukan dua minggu sesudah haid. Karena pada saat haid payudara cenderung lebih kencang sehingga dapat menimbulkan rasa tidak nyaman ketika sadari dilakukan.



Share on Social Media