Batam, News, Pariwisata

Dongkrak Wisata Batam, Restoran Harus Penuhi Standar Sehat

| Selasa 14 Feb 2017 10:47 WIB | 3033



Ilustrasi - Restoran berstandar internasional.


MATAKEPRI.COM - Batam - Pemerintah Kota Batam akan meningkatkan pelayanan dari bisnis rumah makan siap saji dan restoran pada 2017 ini. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan sektor pariwisata.

“Restoran harus penuhi syarat ini dan bagi yang tidak punya izin akan kita bantu,” kata Rudi di sela-sela pemilihan Duta Batik Kepulauan Riau Kepri yang diselenggarakan Mentari Enterprise di Hotel Allium, Jodoh, Batam, kemarin.

Tahun ini, kata Rudi, merupakan tahun pembinaan pada pemilik lokasi rumah makan siap saji dan restoran untuk memenuhi standar operasional yang sehat. Sehingga pada tahun berikutnya tidak ada lagi tempat makan tidak memenuhi standar operasional yang layak.

“Misalnya, nanti restoran ini layak untuk dikonsumsi kategori A. Kategori ini apa aja, tentu nanti ada kriteria yang akan disiapkan Dinas Pariwisata,” terangnya.
Kebersihan dapur yang memproduksi makanan dari restoran tersebut juga harus dinilai. Jika tingkat kebersihan tidak diperhatikan dari satu restoran, tentunya akan mendapatkan nilai D.

“Penilaian D tentu orang tidak mau makan di restoran itu. Ini perlu dilakukan untuk meningkatkan pariwisata. Karena di negara maju yang pariwisatanya meningkat sudah gunakan aturan ini,” paparnya.

Dengan adanya standarisasi, Rudi yakin akan menjadi motifasi bagi pemilik restoran maupun rumah makan siap saji untuk lebih meningkatkan kelayakan demi mempertahankan konsumennya.

“Kebersihan itu penting. Orang luar yang makan di Batam akan mengatakan, tempat makan di Batam saat ini sudah bersih semua. Maka orang akan datang kembali ke Batam,” tuturnya. n4s/pk



Share on Social Media