Kesehatan

5 Bumbu Masih Awet Jika tak di dalam Kulkas

| Rabu 15 Feb 2017 14:51 WIB | 2544




MATAKEPRI.COM, Jakarta-Kulkas memudahkan kita untuk membuat masa pakai berbagai bahan makanan menjadi lebih lama. Namun, ternyata tak semua bahan makanan perlu didinginkan karena tetap tahan lama di suhu normal.

Berikut adalah beberapa bahan makanan atau bumbu yang tetap aman di suhu normal atau lemari biasa.

1. Mentega

Meskipun produk susu lebih baik disimpan dalam keadaan dingin, FDA memberi pengecualian pada mentega. Tak seperti bahan makanan lain yang mengandung susu dan krim, mentega tidak masuk dalam daftar makanan yang perlu kontrol suhu agar aman (Temperature Control for Safety/TCS) yang artinya bisa dan aman dimakan dalam suhu ruangan.

2. Minyak zaitun

Bumbu masak yang biasanya digabungkan dengan kacang-kacangan, roti, dan makanan penutup ini tidak memiliki perubahan jangka waktu pakai, baik disimpan di kulkas atau tidak. Sebagai informasi, waktu terbaik penggunaan minyak zaitun adalah 12 bulan.

3. Saus pedas

Menyimpan saus pedas di suhu normal selama delapan minggu setelah dibuka tetap aman karena bumbu tersebut memiliki dua bahan kunci, yaitu cuka dan garam, yang sifatnya mengawetkan. Namun, jika Anda menaruhnya di kulkas, saus dapat bertahan hingga enam bulan.

4. Madu

Pemanis alami satu ini justru tak baik jika disimpan dalam kulkas karena bisa mengental dan harus dikembalikan ke suhu normal agar bisa dikonsumsi.

5. Selai kacang

Selai kacang bisa dikonsumsi hingga tiga bulan ke depan setelah dibuka dalam suhu normal. Namun karena hanya memiiki sedikit kandungan pengawet, bumbu ini dapat cepat rusak. Oleh karena itu, tutuplah dengan benar dan gunakan peralatan yang bersih saat mengoleskannya.



Share on Social Media