News

Putra mantan Dubes Korut juga menjadi tersangka pembunuhan Kim Jong-nam

| Kamis 23 Mar 2017 12:20 WIB | 1996




MATAKEPRI.COM, Hanoi - Sedikit demi sedikit misteri dibalik tewasnya Kim Jong-nam, kakak tiri pemimpin Korut Kim Jong-un mulai terungkap. Seperti dilaporkan The Star Malaysia, Rabu, 22 Maret 2017 kemarin , salah seorang tersangka pembunuh Kim, Ri Ji Hyon (33) merupakan putra mantan Dubes Korut untuk Hanoi, Ri Hong.

Laporan Kantor Berita Yonhap menyebutkan bahwa Ji Hyon pernah tinggal di Vietnam selama 10 tahun. Dia fasih berbahasa Vietnam yang kemudian ini digunakannya untuk merekrut wanita Vietnam.

Dia merekrut Doan Thi Huong (28) yang selama ini hanya tahu bahwa dirinya bekerja sama dengan putra mantan sang dubes Korut tersebut untuk keperluan syuting acara lelucon TV.

Sementara Ji-hyon sendiri adalah salah seorang dari empat tersangka warga negara Korea Utara yang meninggalkan Malaysia pada hari Jong-nam dibunuh 13 Februari lalu. Dia saat ini diyakini telah berada di Korut. Malaysia telah menghubungi Interpol untuk menangkap para tersangka yang melarikan diri tersebut.

Selama ini Malaysia, Korea Selatan dan Amerika Serikat meyakini bahwa pemimpin Korut adalah dalang pembunuhan Kim Jong-nam.

Seperti diketahui, kasus pembunuhan Jong-nam telah menyebabkan memburuknya hubungan Malaysia dan Korut. Negeri jiran ini dua pekan lalu telah membatalkan kesepakatan bebas visa bagi warga Korea Utara dengan alasan keamanan tanpa penjelasan lebih rinci. Keputusan ini diambil setelah Malaysia menarik duta besarnya dari Pyongyang.

Sementara dua tersangka, Doan Thi Huong dan rekannya asal Indonesia, Siti Aisyah telah menjalani sidang perdana bulan lalu. Sidang kedua akan digelar 13 April mendatang. Keduanya dituding membunuh Jong-nam yang saat itu sedang menunggu penerbangan ke Makau di KLIA 2 pada 13 Februari 2017 lalu

Share on Social Media