Tanjungpinang, Batam, Karimun, Bintan, Lingga, Natuna, Anambas

BESOK Pagi, 8.018 Pelajar Se-Kepri Ikuti Ujian Nasional

| Minggu 02 Apr 2017 22:46 WIB | 3532



Ilustrasi


MATAKEPRI.COM - Sebanyak 8.018 pelajar dari 89 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Kepri akan mengikuti Ujian Nasional (UN), Senin (3/4/2017) besok.

Dari 89 SMK yang melaksanakan UN, 45 diantaranya sudah melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), sedangkan sisanya masih melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP).

Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan (Disdik) Kepri, Atmadinata sebagaimana dilansir Batamtoday mengungkapkan, pelaksanaaan UN tingkat SMK ini akan berlangsung selama 4 hari, yakni tanggal 3-6 April 2017. 

Sejumlah persiapan sebelum melaksanakan UN, sudah dilakukan oleh masing-masing sekolah. Termasuk pelaksanaan try out, serta simulasi UNBK sebanyak tiga kali bagi sekolah yang akan menerapkan.

"Terakhir dilaksanakan simulasi serentak UNBK di masing-masing sekolah pada H-7 pelaksanaan ujian," ungkap Atmadinata, Minggu (2/4/2017).

Dijelaskannya, oleh karena jumlah komputer di masing-masing sekolah masih terbatas, mayoritas pihak sekolah menyiasatinya dengan melaksanakan 3 sesi saat pelaksanaan UNBK. 

Sesi pertama akan dilaksanakan mulai pukul 7.30-9.30. Lalu, dilanjutkan dengan sesi kedua pukul 10.30-12.30, dan ketiga pukul 14.00-16.00.

Sementara sekolah yang masih menerapkan sistem UNKP, lanjut Atmadinata, pendistribusian soal ujian sudah sampai ke daerahnya masing-masing. 

Untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan, soal ujian tersebut langsung ditempatkan di Polsek terdekat di masin-masing wilayah. 

"Soal sudah didistribusikN semua, pada hari H panitia masing masing satuan pendidikan yg melaksanakan UNKP mengambil naskah soal UN di Polsek terdekat tempat soal dititipkan," jawabnya. 

Menurut Atma, penerpan UNBK tingkat SMK di Kepri pada tahun ini mengalami peningkatan. Pada tahun 2016 lalu, jumlab SMK yang menerapkan UNBK sebanyak 18 sekolah, sementara pada tahun 2017 meningkatkan sebanyak 45 sekolah.(***)




Share on Social Media