News

DPR : Suriah merupakan Tragedi Kemanusiaan terburuk dalam era Modern

| Kamis 06 Apr 2017 12:52 WIB | 1280




MATAKEPRI.COM, Jakarta - Anggota Komisi 1 DPR RI, Dr. Sukamta mengecam keras serangan senjata kimia di kawasan Khan Sheikhoun Suriah yang menewaskan sedikitnya 86 orang dengan 11 diantaranya anak-anak.

“Ini jelas serangan biadab yang secara sengaja menyasar rakyat sipil terlebih dilakukan dengan senjata kimia,” kata Sukamta di Jakarta, Kamis (6/4/2017).

Menurut Sukamta yang juga Ketua Badan Pembinaan Pengembangan Luar Negeri (BPPLN) DPP PKS, perang Suriah telah bergerak ke arah yang semakin buram dengan kehadiran Russia setelah sebelumnya Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa dan Timur Tengah terlibat dalam konflik tersebut.

"Kehadiran berbagai negara ke Suriah ini tidak dalam motif misi perdamaian, tetapi dalam kerangka membantu secara militer ke berbagai faksi yang bertikai, hal ini yang membuat Suriah terus bergejolak." terangnnya.

Sukamta memandang PBB perlu segera menggelar sidang DK PBB untuk mengambil langkah-langkah darurat melakukan investigasi terhadap penggunaan senjata kimia tersebut. “Perlu diungkap secara jelas siapa pelaku kekejian dengan senjata kimia ini dan dihadapkan ke mahkamah internasional”, ujar Sukamta

Lebih lanjut menurut Sukamta juga perlu dilakukan sidang Majelis Umum PBB untuk membuat resolusi penghentian konflik di Suriah. Dengan korban jiwa lebih dari 200 ribu jiwa dan lebih dari 4,5 juta menjadi pengungsi, Suriah merupakan tragedi kemanusiaan terburuk dalam era modern. “Jika konflik tidak dihentikan, maka pelanggaran demi pelanggaran akan terus dilakukan dengan korban sipil terus berjatuhan,” jelas Sukamta.

Ia berharap pemerintah Indonesia dapat berperan lebih aktif menggalang dukungan berbagai negara untuk untuk penghentian konflik di Suriah dan secara khusus ikut mendesak PBB untuk selenggarakan Sidang Umum dengan agenda penghentian konflik di Suriah. (***)



Share on Social Media