News

Jangan Share 5 Foto ini ke Media Sosial !

| Minggu 09 Apr 2017 06:36 WIB | 1701




MATAKEPRI.COM - Buat kamu yang yang hobi menggunakan sosial media ,  Harus ada batasan demi keselamatan pengguna media sosial, apalagi buat kamu yang suka mengumbar foto.
Kemunculan Facebook, Twitter, Intagram, Path, Snapchat, dan berbagai media sosial lainnya tak dapat dielakkan di kehidupan kita.
Tak masalah bila kamu aktif di media sosial, namun tak semuanya bisa diomongkan di sini. Harus ada batasan demi keselamatan pengguna media sosial, apalagi buat kamu yang suka mengumbar foto. Ya, ada sejumlah foto yang secara khusus nggak boleh kamu share ke media sosial. Ini dia!

1. Foto Pose Dua Jari Peace

Image result for image dua jari

Foto Pose Dua Jari Peace
Salah satu pose foto andalan banyak orang agar terlihat manis adalah dengan membuka dua jari di depan atau samping muka. Tapi, ternyata ini berbahaya karena bisa menyebabkan pencurian data.
Menurut informasi yang dilansir dari PhoneAena, Isao Echizen yang merupakan seorang profesor di Konten Digital dan Media Ilmu Penelitian Divisi National Institute of Informatic, mengungkapkan bahwa dia telah berhasil memperoleh sidik jari dari foto jari yang diambil sejauh 3 meter.
Apa jadinya kalau sidik jari kamu berhasil diambil oleh orang jahat atau orang yang tidak bertanggung jawab? Bisa-bisa mereka memiliki akses ke berbagai perangkat kamu yang diamankan dengan sensor sidik jari.

2. Foto Boarding Pass atau Tiket Pesawat

Image result for image  Foto Boarding Pass



Foto Boarding Pass Atau Tiket Pesawat
Ketika kamu sedang liburan, tentu kamu 'gatal' ingin mengunggah foto boarding pass milik kamu ke media sosial untuk pamer ke teman-teman kamu. Namun, jangan pernah melakukan hal tersebut.
Pasalnya menurut Brian Krebs, pakar keamanan teknologi mengungkapkan bahwa di balik barcode dalam tiket tersebut berisi informasi lengkap soal data diri kamu. Seperti email, alamat rumah, nomor ponsel, nama depan, nama belakang, asal penumpang, dan lokasi tujuan kamu.
Ditakutkan ada pihak yang tak bertanggung jawab memanfaatkan untuk kejahatan tertentu seperti penipuan dan pemalsuan. Selain itu, tiket juga biasanya memuat frequent flyer number. Yang berisi riwayat dan rencana kamu sudah booking penerbangan ke mana saja.

3. Foto Karya Kamu
Image result for image photo


Foto Karya Kamu
Kamu harus tau, apapun yang kamu unggah di media sosial. Itu bebas digunakan dan share oleh orang lain.
Untuk itu, pastikan apapun karya kamu seperti foto, lukisan, cerpen, dan lainnya pastikan mempunyai hak cipta seperti watermark atau keterangan pembuat.

4. Foto Balita

Image result for image photo

Foto Balita
Hingga detik ini, mungkin kamu masih sering menemukan foto balita mungil yang diunggah ke Facebook oleh orang tuanya. Tanpa sadar bahwa itu justru mengundang potensi untuk si anak.
Ya, pihak tertentu bisa saja memanfaatkannya untuk penipuan di media sosial, iklan produk tertentu, bahkan sampai kepada penculikan dan penjualan manusia. Sebagai orang tua, tentu harus lebih berhati-hati lagi dan menyikapi dengan baik penggunaan media sosial.
Bahkan, beberapa negara seperti Perancis, ada peraturan pelarangan pengunggahan foto dan video anak-anak.


5. Foto Pekerjaan yang Bersifat Rahasia
Image result for image pekerjaan


Foto Pekerjaan Yang Bersifat Rahasia
Sebagai seorang profesional, sebaiknya jangan mengunggah foto apapun yang menyangkut pekerjaan di media sosial. Apalagi jika foto tersebut menungkap informasi rahasia dan dapat dilihat oleh pihak kompetitor.
Kebijakan atau pun ide untuk strategi perusahaan yang baru. Jangan sampai kamu menyebarluaskan strategi tersebut.
Akhir Kata
Itulah 5 foto yang sebaiknya jangan kamu share di media sosial. Oh iya, sebagai tambahan foto kartu kredit atau kartu ATM juga jangan kamu unggah ya di media sosial milikmu. Kamu tidak ingin bukan uang dalam rekening kamu dikuras oleh penjahat?


Share on Social Media