Lingga

Hari ini 200 Kafilah Lingga Menuju Batam

| Kamis 04 May 2017 16:27 WIB | 5070



Kafilah Lingga saat diberangkatkan ke STQ Natuna, beberapa waktu lalu.


MATAKEPRI.COM, Lingga - Pemerintah Kabupaten Lingga memberangkatkan 200 lebih khafilah untuk memeriahkan kegiatan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) VII tingkat Provinsi Kepulauan Riau tahun 2017 yang dilaksanakan di Kota Batam, Kamis (4/5) mendatang.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) pemerintah Kabupaten Lingga, Akhmad Zukhri yang menangani masalah ini mengatakan, jumlah tersebut terdiri dari peserta lomba, pendamping, rombongan penggembira barisan pawai Ta’aruf, panitia STQ Kabupaten Lingga, serta jajaran pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) kabupaten setempat.

“Lingga akan menurunkan 14 orang peserta untuk mengisi dua cabang yang dilombakan pada STQ Provinsi di Batam nanti, di antaranya cabang Tilawah anak/dewasa dan cabang hafalan Qur’an (Hafiz) 1-30 Juz,” kata dia di Daik Lingga, Selasa (2/5) seperti dimuat batampos.co.id

Menurut Akhmad, Pemkab Lingga tidak hanya menargetkan capaian peringkat pada lomba Tilawah dan Hafiz saja, tapi juga pada kegiatan lain yang disertakan dalam agenda STQ tersebut, seperti stan bazar, rebana, dan pawai ta’aruf.

“Untuk Tilawah dan Hafiz, kami akan berupaya mencapai peringkat lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Tapi untuk stan bazar kami optimis. Karena tren Lingga selalu baik untuk yang satu ini,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, Kabupaten Lingga lewat kerjasama antara Badan Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu dan Perdagangan (BPM-PTSPP), Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) dan beberapa instansi daerah lainnya, akan menampilkan berbagai macam produk unggulan kreatif dan khas milik Bunda Tanah Melayu di stan bazar kabupaten.

“Kali ini Lingga akan menampikan kuliner khas Bunda Tanah Melayu yang masih dipertahankan sampai hari ini,” tuturnya.

Selain itu, lanjutnya, Lingga juga mengirimkan 49 hafiz Qur’an 5-30 Juz dari beberapa pesantren kabupaten setempat, untuk diwisuda bersama 1.000 hafiz se Kepulauan Riau oleh Guburnur Nurdin Basirun.

Dia berharap dengan keikutsertaan Lingga di agenda STQ tingkat Provinsi Kepri di kota Batam tersebut semakin menyemarakkan agenda bernuansa islami yang rutin digelar pemerintah daerah setiap tahunnya itu.

“Pada intinya, STQ ini bukan sebatas perlombaan saja. Tapi mengandung nilai-nilai religius. Kita tidak boleh melupakan tujuan sebenarnya yakni syiar Islam, agar Al-Qur’an jadi pedoman hidup umat ke depan,” tutupnya. (*)



Share on Social Media