Natuna

Menakjubkan! Ternyata Pulau Natuna Pernah Berada di Bawah Air

| Senin 08 May 2017 08:14 WIB | 4657

Perguruan Tinggi/Sekolah


Ilustrasi penyelaman kota bawah laut.


MATAKEPRI, Natuna - Hamparan batu berukuran raksasa di sepanjang pesisir pantai di Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, tidak hanya memiliki pesona yang menakjubkan, namun juga menyimpan misteri yang bisa diungkapkan dengan ilmu pengetahuan.

Sanggat sulit tergambarkan besarnya bebatuan tersebut entah dari mana asal usulnya. Namun, Natuna kini  menjadi pemikat tersendiri oleh para turis lokal maupun mancanegara untuk singgah ke Natuna melihat pemandangan yang eksotis.

Cerita legenda bebatuan yang berlabuh di bibir pantai semenanjung Ujung utara Indonesia ini sangat banyak dijumpai ketika berkunjung ke Natuna yang merupakan kepulauan paling utara di selat Karimata.

Pemilik obyek wisata Alif Stone Park di Desa Sepempang, Kecamatan Bunguran Timur, Ferdizeano Sudargo (40), kepada arah.com mengatakan bahwa beberapa ahli Geologi pernah meneliti soal bebatuan tersebut.

"Jadi ada waktu itu dari Geologi ITB ya, datang ke tempat kita untuk meneliti soal bebatuan ini," kata pria yang kerap disapa Eno tersebut.

"Dan, mereka prediksi jenis bebatuannya granit, dan granit ini menurut mereka ya batuan yang tertua di Bumi, ya mungkin jutaan tahun yang lalu," sambungnya.

Bahkan, Eno menuturkan, para ahli Geologi tersebut sempat menyebutkan bahwa Pulau Natuna pada jaman dahulu berada di bawah air.

"Nah lucunya menurut mereka, katanya pulau natuna ini dulunya di bawah air. Jadi pas lempengan itu bergerak akhirnya mereka di angkat ke atas permukaan laut," imbuhnya.

"Jadi akhirnya seperti ini, bebatuannya saling menindih," tambahnya.

Pulau Natuna adalah kabupaten dari Propinsi Kepulauan Riau. Pulau ini terletak di Laut Cina Selatan  antara Semenanjung Malaysia, Borneo, Vietnam dan Kamboja. Untuk mencapai Pulau Natuna dari Pulau Batam harus menyeberang menggunakan pesawat kecil ke Bandara khusus TNI AU di Ranai, Pulau Natuna. (*)



Share on Social Media