Tanjungpinang

Super Duper, Pembenahan Pulau Penyengat Telan Duit 20 Miliar!

| Rabu 10 May 2017 09:17 WIB | 4047

DPRD
Pemko/Pemda/Pemrov/Pemerintah


Landskap Pulau Penyengat


TANJUNGPINANG (PK) - Tiga lembaga pemerintah ini seolah sedang berebut untuk melakukan pembenahan di Pulau Penyengat. Yakni pemerintah pusat, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri, dan Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang.

Pembenahan di tempat peninggalan sejarah budaya Melayu di Tanjungpinang ini akan menelan anggaran sebesar Rp 20 miliar.

”Biayanya Kisaran Rp 20 miliar lebih gitu,” kata Wali Kota (Wako) Tanjungpinang, H Lis Darmansyah kepada media beberapa waktu lalu.

Menurut Lis Darmansyah, Pemko Tanjungpinang sudah membuat perencanaan pembenahan Pulau Penyengat. Seperti contoh, Balai Adat dan tempat parkir di Pulau Penyengat akan ditangani oleh Pemprov Kepri.

Sedangkan, Pemko Tanjung sendiri, lanjut dia, melakukan pembenahan fasilitas jalan lingkungan yang ada di Pulau Penyengat tersebut. Pembenahan yang dilakukan adalah, pelebaran jalan di Pulau Penyengat.

Pelebaran jalan yang akan dilakukan Pemko Tanjungpinang, dari lebar jalan yang sudah ada hanya mencapai 3 meter menjadi 4 meter.

”Nanti, kita lihat kondisi di lapangan seperti apa. Sehingga jangan sampai terkena rumah masyarakat yang ada. Ini nanti ada juga APBN yang kita alihkan ke Pulau Penyengat. Sudah ada gambar desainnya,” ucap dia.

Jalan tersebut tak hanya dilebarkan saja. Tapi, dia berkeinginan, jalan tersebut memiliki suatu corak. Corak jalan yang diinginkannya, adalah melambangkan bahwa Pulau Penyengat merupakan pusat kebudayaan Melayu yang ada di Tanjungpinang.

”Tetap ada corak aslinya. Karena kita tidak ingin melepaskan dari budaya Melayu yang sudah ada,” sebut dia. (*)



Share on Social Media