Batam

Dua Pekan Jelang Lebaran, Pelabuhan Batam Dipenuhi TKI asal Malaysia

| Jumat 09 Jun 2017 11:33 WIB | 2030



Pelabuhan Sekupang Batam.



MATAKEPRI.COM, Batam -  Memasuki pekan kedua Ramadan, arus balik dari luar negeri terutama Malaysia mulai terlihat di pelabuhan internasional Batam Center. Mayoritas penumpang berasal dari Malaysia yang merupakan pekerja atau Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Dalam dua hari terakhir ini para TKI mulai berdatangan ke Batam untuk selanjutnya pulang ke kampung halaman masing masing.

Menurut Khairil Mirza, Kepala Unit Imigrasi Batam cabang Pelabuhan ferry Internasional, Batam Center, sejak dua hari terakhir, kenaikan pendatang dari luar negeri terutama Malaysia mulai terlihat. Sekira 90% para pendatang tersebut adalah TKI yang hendak menjalankan ibadah puasa dan Lebaran di kampung halamannya.

“Dan dari para penumpang kapal dari Malaysia yang masuk ke Batam, 20% di antaranya menggunakan Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP) yang dikeluarkan pihak kedutaan RI di Malaysia,” katanya, Kamis (8/6).

SPLP ini diberikan pada para pekerja indonesia yang mengalami masalah di antaranya over stay ataupun kehilangan paspor.

Meski terjadi kenaikan, namun belum ada pemberitahuan penambahan armada oleh pihak pelayaran. “Saat ini ada 12 armada kapal yang melayani rute Johor Bahru Malaysia, Batam,” ujarnya. (*/oz)



Share on Social Media