News

Terinspirasi Pasca-Menonton Video di YouTube, Pelajar SMA Ini Buat Uang Palsu

| Rabu 05 Jul 2017 20:05 WIB | 1604




MATAKEPRI.COM, BERAU - DAW (18), pelajar kelas XI sebuah sekolah menengah atas di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, mengaku membuat uang palsu setelah menonton video di YouTube.

Ia membeli printer Canon Pixma E460, kertas HVS F4, hingga tinta berwarna, lalu mencetak uang palsu berbagai pecahan hingga 100 lembar.

“Dia mengaku semua dipelajari dari Youtube sekitar 5 hingga 7 menit,” kata Kepala Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Kota Berau, Ajun Komisaris Polisi Damus Asa sebagaimana dilansir Kompas, Rabu (5/7/2017).

DAW membeli seperangkat printer dan alat tulis itu sehari sebelum beraksi membeli barang dengan uang palsu.

Ia kemudian menggandakan uang dengan printer itu sebanyak 96 lembar, terdiri atas 47 lembar pecahan Rp 100.000 dan 49 lembar pecahan Rp 50.000.

Ia kemudian membelanjakan uangnya di warung-warung kelontong. Ia membeli sebungkus rokok, satu botol minuman ringan, dan parfum.

Ia mendapat pengembalian Rp 258.000 dari membelanjakan uang bikinan sendiri ini.

“Motif pelaku adalah mendapatkan uang asli dengan cara mudah, lewat uang kembalian dari tiap uang yang diduga palsu yang dibelanjakannya,” kata Damus Asa.

Polisi pun menangkap DAW di Jalan Ajisah II, Kecamatan Tanjung Redeb, Berau, Rabu pagi pukul 09.00 Wita.

“Kita amankan pelaku beserta barang bukti yang untuk mencetak uang palsu itu,” kata Damus.

Awalnya, polisi menerima laporan dari beberapa pemilik warung kelontong di Berau bahwa ada orang yang mengedarkan uang palsu.

Polisi mengumpulkan keterangan dari banyak saksi di warung demi mendapatkan ciri pelaku.

Petunjuk polisi mengarah pada DAW, seorang pelajar SMA. DAW tak berkutik saat ditangkap polisi. Ia juga kooperatif menunjukkan tempat pembuatan uang palsu itu.

Rumah kos di Jalan Ajisah II Tanjung Redeb, tempatnya tinggal, merupakan tempat mencetak uang palsu itu.

Di dalam kamar kos itu, polisi mendapati printer merek Canon, satu rim kertas HVS F4, dua tinta printer, telepon selular, pisau pemotong kertas, penggaris, hingga dompet.

Polisi mengamankan semua peralatan itu beserta 96 lembar uang palsu dan beberapa barang yang dibeli dari warung, seperti satu bungkus rokok Umild, satu botol minuman Good Day, dan parfum merek Gatsby.(*)



Share on Social Media