News

Garam Langka di Kota Bandung

| Rabu 26 Jul 2017 15:24 WIB | 1137




MATAKEPRI.COM - Stok  garam di sejumlah pedagang kebutuhan pokok di Pasar Kosambi alami kekosongan. Kekosongan stok garam ternyata telah terjadi usai Hari Raya Idulfitri lalu.

Salah seorang pedagang, Jaka (58) mengaku sudah hampir dua bulan  tidak mendapatkan garam untuk dijual, baik garam produkan maupun garam jenis bata.

"Semua yang dikemas tidak ada, yang bata juga sama tidak ada. Pokoknya setelah hari raya saja mulai kosong," ungkapnya di Pasar Kosambi, Kota Bandung, Rabu (26/7/2017)
‎
Ia pun mengaku bingung dengan kondisi tersebut. Ia mengaku sempat dua kali mendapatkan kiriman garam dengan jumlah yang sangat sedikit.
‎
"Sempat dikirim yang merek Dolina, tapi jumlahnya sedikit tidak seperti biasanya," akunya.

Ia menjelaskan, saat ini terdapat 4 garam yang kerap dibeli oleh masyarakat tiga di antaranya bermerek sedangkan satu lagi merupakan garam bata berjumlah 12 bata yang dikemas.

"Ada garam bata, garam kapal laut sama dolina, sekarang tiga-tiganya tidak ada yang punya di sini," ungkapnya.

Untuk harga garam ia menjelaskan, untuk jenis bata isi 12 berharga Rp 20.000/pak, sedangkan garam Kapal Laut berharga Rp 2000/bungkus, Dolina Rp 6000/bungkus, dan Juara Rp 2000/ bungkus.

"Harga sekarang itu udah naik, kaya garam bata itu asalnya Rp 13.000/pak menjadi Rp 20.000per pak," ungkapnya.

"kita ini negara kepulauan, ini baru pertama kalinya selama jualan 20 tahun susah garam, gak tau kenapa tuh," ujarnya‎‎ keluhnya. (***)



Share on Social Media