Kesehatan

SIMAK... Manfaat Alpukat untuk Kesehatan Otak

| Kamis 03 Aug 2017 00:16 WIB | 2978



alpukat


MATAKEPRI.COM, Jakarta - Ingin menjaga otak tetap tajam? Jawabannya ada di piring Anda. Ya, sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung banyak lutein seperti alpukat bisa meningkatkan kemampuan otak.

Seperti dilansir dari Men's Health, dalam penelitian di Frontiers in Aging Neuroscience, tim ahli melibatkan 60 orang berusia 25 tahun sampai 45 tahun. Tim ahli mengukur kadar karotenoid spesifik yang disebut lutein. Kemudian, tim ahli juga mengukur aktivitas otak dan respons neuron mereka saat melakukan tugas berat.

Tim ahli menemukan, orang tua yang memiliki tingkat lutein lebih tinggi menunjukkan respons saraf yang setara dengan orang yang lebih muda yang memiliki kadar lutein lebih rendah. Selain alpukat, lutein juga bisa ditemukan pada sayuran berdaun hijau seperti bayam, dan juga kangkung.

Sepertinya lutein memainkan peran protektif di otak, karena orang-orang dengan tingkat lutein yang lebih tinggi dapat mencurahkan lebih banyak sumber daya untuk menyelesaikan tugas tersebut.

Studi ini tidak melihat bagaimana sebenarnya nutrisi tersebut membantu, namun penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa lutein menunjukkan sifat anti-inflamasi, yang dapat membantu memperbaiki fungsi otak.

Selain untuk otak, disampaikan oleh nutrisionis Jansen Ongko, MSc, RD, beberapa waktu lalu bahwa kelebihan lain dari buah alpukat ini yaitu memiliki kandungan beta-sitosterol tinggi yang diyakini dapat membantu mengurangi kadar kolesterol. ***



Share on Social Media