Tanjungpinang, News, Pariwisata

Kembali, Tanjungpinang Raih Piala Adipura

| Kamis 03 Aug 2017 22:33 WIB | 3288



Ilustrasi


MATAKEPRI. COM,  Tanjungpinang - Tanjungpinang, ibu kota Provinsi Kepulauan Riau, berhasil mempertahankan Piala Adipura dalam kategori kota sedang, untuk yang ke-13 kalinya.  

"Piala tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya kepada saya pada tadi malam di Gedung Manggala Wanabakti Jakarta," kata Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah, yang dihubungi Antara, Kamis. 

Penghargaan Adipura merupakan satu dari rangkaian kegiatan Hari Puncak Lingkungan Hidup Sedunia. Pemkot Tanjungpinang menerima Piala sertifikat dan plakat Adipura.

Perhargaan kali ini menambah koleksi piala dan plakat Adipura di Kantor Pemkot Tanjungpinang. Sejak Suryatati A Manan memimpin Tanjungpinang hingga Lis Darmansyah, Pemkot Tanjungpinang berhasil meraih 13 kali penghargaan Adipura.

"Penghargaan tersebut sebagai lambang keberhasilan pemerintah daerah dan masyarakat dalam menciptakan kota yang bersih, nyaman dan asri, pembangunan berkelanjutan," ujarnya.

Lis memberi apresiasi kepada masyarakat Tanjungpinang, petugas kebersihan, staf Pemkot Tanjungpinang dan Pemprov Kepri yang mendukung program lingkungan bersih dan asri.

"Peran RT dan RW sangat besar dalam menjaga lingkungan tetap bersih dan asri," tuturnya.

Lis berharap Adipura yang diperoleh tahun ini memacu semangat masyarakat Tanjungpinang untuk hidup bersih dan sehat. Adipura pula dapat dijadikan simbol yang membanggakan sebagai salah satu kota bersih di Indonesia.

"Dengan diperolehnya berbagai macam penghargaan secara langsung maupun tidak langsung dapat menggairahkan kembali ekonomi masyarakat Tanjungpinang," katanya.

Ia mengemukakan, sejak Pemkot Tanjungpinang meraih banyak penghargaan berskala nasional, banyak pemerintah daerah lainnya di Indonesia melakukan kunjungan kerja ke Tanjungpinang. Mereka ingin mempelajarinya, dan melihat langsung wajah Tanjungpinang.

"Hal tersebut sangat menguntungkan bagi kita, paling tidak meningkatkan jumlah hunian hotel,  rumah makan, transportasi dan lainnya,  peluang tersebut bisa ditangkap oleh masyarakat dalam upaya meningkatkan kesejahteraan," ujarnya.  

Direncanakan, piala Adipura diarak keliling kota Tanjungpinang pada Jumat (4/8) seusai Shalat Jumat dengan rute Bandara Raja Haji Fisabilillah - Tugu Pesawat Nomed - Jalan Uban Lama - Jalan Basuki Rahmad - Jalan Wiratno - simpang Tugu Motivasi - simpang Jalan Sumatra - Jalan Riau - Jalan Agus Salim - simpang Gedung Arsip - Anjung Cahaya, dan terakhir di TIC Gedung Gonggong. (*)



Share on Social Media