Batam, News, Ekonomi

Kembalikan Pertumbuhan Ekonomi Kepri, Kadin Imbau Turunkan Harga Sewa

| Kamis 10 Aug 2017 23:25 WIB | 1676



Kadin Kepri


MATAKEPRI. COM - Ketua Kamar Dagang dan Idustri (Kadin) Provisi Kepulauan Riau, Ahmad Maruf Maulana, mengimbau kepada para stakeholder di Provinsi Kepulauan Riau agar menurunkan sewa pada usaha yang dikelola masing-masing.

Imbauan ini dimaksudkan untuk mengembalikan pertumbuhan ekonomi Kepri yang menurun drastis bahkan masuk dalam urutan 33 dari 34 provinsi di Indonesia.

Sebagaimana data yang dirilis BPS, Ekonomi Kepri triwulan pertama 2017 hanya tumbuh 2,02 persen menempatkan Kepri urutan terendah kedua di Indonesia, bahkan jika dibandingkan dengan seluruh provinsi di Sumatera, Kepri merupakan terendah pertama.

Salah satu langkah mengembalikan pertumbuhan ekonomi Kepri adalah semua pihak bekerjasama menurunkan sewa atau memberikan diskon minimal dalam satu tahun kedepan.

Pengelola Mall, hotel, jasa transportasi darar, laut dan udara, kawasan industri, industri pariwisata, sampai biro jasa agar menurunkan tarif sewa agar para pengusaha bisa terus berusaha dan ekonomi kembali berjalan normal.

"Kadin mengimbau semua stakeholder agar menurunkan sewa agar para tenant tidak tutup,"Kata Maulana dalam rilisnya.

Ketua Kadin pun meminta partisipasi semua pihak agar pada kondisi sulit ini semua pihak berpartisipasi. 

Tahun-tahun sebelumnya tentu pengusaha sudah pernah menikmati keuntungan dari kondisi ekonomi yang tumbuh tinggi, saat ini waktunya membalas dengan memberikan diskon atau sewa murah agar ekonomi pulih.

Menurutnya, disaat situasi sulit saat ini, kebijakan menaikkan sewa tidaklah tepat, tetapi lebih baik menurunkan sewa atau memberikan diskon, dengan tetap memperhitungkan besaran tagihan listrik dan air yang memang harus dibayar.

"Kadin meminta agar komponen sewanya saja yang diturunkan, para stakeholder saya yakin siap membantu agar roda ekonomi berputar lagi" terang Maulana.(*)



Share on Social Media