Batam, News

Semarak Kemerdekaan 'Merah-Putihkan' Perumahan GNP Cikitsu Batam Center

| Kamis 17 Aug 2017 16:13 WIB | 5465



L:urah Kampung Belian bersama perangkat RW dan RT di Perumahan Cikitsu meninjau Gapura



Lurah Kampung Belian Jadi Tim Penilai Lomba Gapura se-Kecamatan Batam Kota


MATAKEPRI.COM, Batam - Menyambut Hari Ulang Tahun ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuhg pada Kamis(17/8/2017), banyak cara dilakukan dilakukan warga di Kota Batam untuk membuat suasana lingkungan perumahan mereka menjadi lebih semarak dan meriah.

Satu diantaranya dengan membuat Gapura, umbul-umbul, bendera hingga berbagai pernak-pernik Agustusan yang dipasang di rumah warga maupun pepohonan. Seperti yang terlihat di perumahan Graha Nusa Permai (Cikitsu) Batam Center ini.

Ratusan warga yang dinaungi oleh RW 013 dan tiga RT di perumahan tersebut, secara bahu membahu membangun gapura yang terbilang sangt unik dan penuh dengan nuansa perjuangan.

Selain membuat gapura dari bahan dasar kayu, bambu hingga besi, disekitar gapura pun diberi ornamen yang sangat unik. Diantaranya miniatur tank, meriam bnambu runcing hingga foto-foto Presiden dan Wakil Presiden Repubklik Indonesia saat ini dan foto-foto pejuang kemerdekaan.



Barsilah, Ketua RW 13 mengatakan, pemasangan gapura dan umbul–umbul merupakan inisiatif warga sendiri dari setiap bloknya. Sehingga semarak Agutusan kian terasa di komplek perumahan.

"Untuk lebih memberikan semangat dan motivasi kepada warga, perumahan kita juga ikut serta dalam perlombaan Gapura antar kelurahan hingga kecamatan di Batam Kota.Dan kegiatan ini juga rutin dilakukan setiap tahunnya menjelang Agustusan,"jelas Barsilah.

Selain lomba menghias di dalam perumahan, kita juga menggelar berbagai jenis perlombaan. Baik untuk anak-anak hingga orang dewasa.

Sementara itu Lurah Kampung Belian Batam Center, Kamarul yang juga menjadi tim penilai dalam lomba gapura Agustusan ini mengaku sangat mengapresiasikan apa yang sudah dilakukan oleh warga di perumahan Graha Nusa Permai Cikitsu yang telah mengias perumahan mereka dengan sangat meriah untuk menyambut HUT Kemerdekan RI.



Selain untuk menumbuhkembangkan jiwa nasionalisme di warga, kegiatan ini juga sekaligus memberikan edukasi yang baik kepada anak-anak agar kedepannya mereka bisa melakukan hal yang sama.

"Dari hasil pantauan saya tadi. Perumahan ini sangat unik dan menarik sekali. Diman setiap lorong /blok di perumahan mereka dihiasi dengan sedemikain rupa sehingga semangat dari Agustusan itu kelihatan. Saya sangat bangga jadinya," terang Kamarul.


Iya juga mengatakan dalam menilai gapura di perumahan se-Kecamatan Batam Kota, pihaknya berpatokan pada beberapa indikator. Diantaranya kebersihan, kerapihan, keindahan, kreatifitas serta mengandung nilai dan semangat perjuangan.

"Secara Overall, Saya lihat sudah sangat bagus. Saya salut dan bangga dengan warga di perumahan ini," jelasnya. (Iman Suryanto)



Share on Social Media