Advetorial

Gubernur Ajak Semua Pihak Berperan Aktif Menggelar Even Olahraga Di Kepulauan Riau

Maman | Minggu 10 Sep 2017 19:01 WIB | 2622



Istimewa


MATAKEPRI.COM, Batam - Gubernur H Nurdin Basirun mengajak semua pihak berperan aktif menggelar iven-iven olah raga di Kepulauan Riau. Banyak cabang yang bisa dijadikan andalan Kepri, dan perlu tekad kuat melakukan pembinaan yang berkesinambungan, sejak usia dini.

"Beberapa iven bisa dijadikan industri. Selain berpotensi untuk terus menguji atlit kita untuk meraih prestasi yang lebih tinggi, beberapa iven juga berpotensi untuk mendatangkan wisatawan," kata Nurdin, menyambut Hari Olahraga Nasional tahun ini. Indonesia setiap tahun memperingati 9 September sebagai Hari Olahraga Nasional.

Nurdin yakin sejumlah iven olahraga baik yang nasional dan internasional, akan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kepri. Banyaknya peserta yang ambil bagian dalam sebuah iven, akan menguntungkan Kepri dan atlit-atlitnya.

"Karena dengan menjadikan olahraga sebagai industri, Kepri bisa makin maju lagi dan membentuk atlit berprestasi," kata Nurdin.

Nurdin memang melihat di sejumlah daerah iven-iven olahraga yang mendatangkan peserta dari luar negeri. Aktivitas itu disambut baik oleh Gubernur. Apalagi tiap daerah bisa fokus dengan cabang tertentu, sehingga sudah menjadi ingatan para pecinta olah raga dan peminatnya kapan harus hadir.

Kontiunitas kalender olahraga diharap Nurdin harus konsisten. Dalam beberapa kesempatan pun, misalnya, Nurdin ikut mempromosikan beberapa olah raga yang terkait dengan pariwisata, seperti sport water, yang laman bermainnya di Kepri sangat luas. Malah Nurdin ingin berbagai iven olah raga nasional dan dunia bisa digelar di Kepri ke depannya.


Untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024, menurut Nurdin, Kepri sudah mengajukan diri menjadi tuan rumah. Saat menghadiri jamuan makan malam dengan atlit bulutangkis Djarum Sirkuit Nasional Li-Ning Kepri Open 2017 awal pekan ini, Gubernur mengharapkan ke depan Kepri bisa menjadi tuan rumah turnamen buku tangkis dunia, seperti Thomas dan Uber Cup.

Gubernur juga mengajak pihak swasta untuk menjadi Bapak Angkat cabang-cabang olahraga unggulan di Kepri. Keterlibatan swasta menjadi penting untuk juga melahirkan atlit berpestasi.

"Kita semua harus bersama-sama ikut berpartisipasi memajukan olah raga Kepri," imbau Nurdin.

Nurdin menyambut baik tema Haornas yang digagas Kemenpora tahun ini: Olahraga Menyatukan Kita. Bagi Nurdin, iven-iven olah raga juga memperkuat silaturahmi antar sesama.

Sepanjang tahun ini, Nurdin berkali-kali menghadiri turnamen olah raga di pulau-pulau. Termasuk iven-iven besar di Kota Batam. Tampak interaksi keakraban antar penonton terjalin sebelum dan sesudah pertandingan.

Apalagi di pulau-pulau, masyarakat selalu menyemut saat ada turnamen olahraga. Silaturahmi, kata Nurdin, dalam setiap sambutan di iven olah raga, harus semakin dieratkan. Dirinya pun bisa bersilaturami semakin erat dengan masyarakat dalam iven-iven itu. Apalagi, gotong royong, sikap toleransi dan saing memahami selalu terlihat tanpa harus ada pemaksaan.

"Silaturahmi masyarakat selalu tampak pada swtiap iven. Mereka bersatu untuk kesuksesan acara dan menyemarakkannya. Olahraga memang menyatukan kita," kata Nurdin.(Humas Pemprov)



Share on Social Media