News, Hukum & Kriminal

Beberapa Siswa SD Tertangkap Basah Menghisap Vape

| Rabu 13 Sep 2017 12:02 WIB | 2114




MATAKEPRI.COM, Malang - Para orang tua harus lebih waspada dan memberikan pendampingan kepada anak-anaknya. Sebab beberapa pelajar SD di Singosari, Kabupaten Malang, tertangkap basah menghisap Vape di halaman belakang sekolah.

Siswa masih duduk di bangku kelas 5, ditengarai menghisap bahan kimia berbahaya. Sekolah langsung memberikan tindakan dengan menggandeng aparat kepolisian untuk dilakukan pembinaan.

Kapolsek Singosari Kompol Wachid Arifiani mengatakan, kasus itu terungkap dari guru yang mengetahui para siswa bergerombol dan menghisap sebuah alat dikenal seperti Vape.

Alat itu diduga diisi bahan kimia tertentu, kemudian dibakar dan asapnya diisap oleh anak-anak itu. "Ada sejumlah siswa ketahuan menghisap Vape, yang isinya bahan kimia tertentu. Alat itu dibawa salah satu siswa karena pengaruh pergaulan lingkungannya," terang Wachid saat dihubungi detikcom, Rabu (13/9/2017).

Pihaknya kemudian turun untuk memberikan pendampingan kepada anak-anak tersebut. Jika bahaya bahan kimia yang diisap bisa berdampak kepada kesehatan mereka. 

"Anggota turun untuk memberikan bimbingan, upaya pencegahan akan terus dilakukan. Hari ini dan telah selesai, siswa dan orang tua dikumpulkan untuk diberikan pemahaman," tegasnya.

Related image


Wachid membeberkan, salah satu pelajar mengetahui dan belajar meracik Vape dari rekannya yang dikenal dari media sosial. Alat isap diisi bahan kimia tertentu, kemudian dibawa ke sekolah untuk diisap bersama teman-teman sekolahnya.

"Kami memberikan imbauan kepada para orang tua agar meningkatkan perhatian kepada anak-anaknya, sudah seharusnya orang tua mengetahui dengan siapa anak-anak mereka berteman dan wajib mengetahui perkembangan media sosial yang difollow oleh anak-anaknya," beber Wachid.

Ke depan, lanjut Wachid, polisi gencar melakukan pembinaan saat upacara bendera dengan menjadi inspektur upacara. ***



Share on Social Media