Karimun

Kapal Armada Pembersih Sampah Pantai, Resmi Dioperasikan di Karimun

Maman | Kamis 19 Oct 2017 15:54 WIB | 3068

Pencemaran
Lingkungan Hidup


Bupati Karimun H Aunur Rafiq didampingi Kadisperum KPK Karimun, Rosmawati, melakukan penyisiran perdana sampah di pesisi


MATAKEPRI.COM, Karimun - Kapal kayu untuk armada pembersih sampah disepanjang pesisir pantai di Karimun, resmi diluncurkan dan dioperasikan, Kamis (19/10/2017) di Jembatan 1 Coastal Area Karimun. Kapal pompong kayu pembersih sampah tersebut, di isi 5 petugas kebersihan yang terdiri dari, 1 Nakhoda dan 4 petugas.

Peluncurkan dan pengoperasian armada yang dilaksanakan oleh Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Kebersihan (Disperum KPK) Kabupaten Karimun itu, diresmikan langsung oleh Bupati Karimun H Aunur Rafig dan dihadiri para Camat, Lurah dan Ketua Paguyupan Sosial Masyarakat Tionghoa Indonesia (PSMTI) Kabupaten Karimun.

Acara peluncuran dan pengoperasian perdana kapal pembersih sampah pesisir pantai tersebut juga disejalankan dengan penandatangan nota kesepahaman antara Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan cabang Batam Sekupang dengan Disperum KPK Karimun.

"Sesuai komitmen, di Tahun 2018, kawasan pesisir pantai dan laut di Kabupaten Karimun sudah bersih dari sampah. Dengan peluncuran armada ini, merupakan bukti dari komitmen kita" jelasnya Bupati.

Ditambahkan, selama periode dirinya menjabat, tidak akan pernah berhenti dan bosan-bosanya untuk terus mencari cara maupun terobosan-terobosan untuk mengatasi permasalahan kebersihan di Kabupaten Karimun, terhusus di Pulau Kaarimun besar.

"Untuk kebersihan pantai selama ini, meskipun sudah dilakukan himbauan kepada masyarakat pesisir, namun dinilai belum optimal," tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Kadisperum KPK Kabupaten Karimun, Rosmawati berharap dengan adanya armada yang telah diluncurkan tersebut, dapat membantu mengatasi permasalahan kebersihan sampah dilaut dan pesisir pantai.

Oleh katena itu, diharapkan agar seluruh masyarakat dapat bekerjasama untuk menjaga kebersihan pantai, khususnya masyarakat yang tinggal dipesisir pantai. 

"Sesuai intruksi Pak Bupati, diharapkan kerjasama dan peran aktif Ketua PSMTI Kabupaten Karimun. Karena berdasarkan hasil survei kami, rata-rata yang tinggal di pesisir, masyarakat Tionghoa," pungkasnya. (Hasian).



Share on Social Media