Karimun

Peringati Hari Pahlawan, Danlanal TBK: Generasi Muda Harus Jaga kesatuan NKRI

Maman | Jumat 10 Nov 2017 18:29 WIB | 2570



DANLANAL : Komandan Lanal (Danlanal) Tanjung Balai Karimun, Letkol Laut (P) Totok Irianto, saat memimpin upacara peringa


MATAKEPRI.COM,  - KarimunUpacara peringatan Hari Pahlawan, Komandan Pangkalan TNI-Al (Danlanal) Tanjung Balai Karimun, Letkol Laut (P) Totok Irianto, selaku Inspektur upacara, mengajak seluruh generasi muda agar menjaga dan mempertahankan persatuan, kesatuan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang positif.

Hal itu disampaikanya dalam amanatnya saat memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan, Jumat (10/11/2017) di Halaman Kantor Bupati Karimun Jalan Poros Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun. Dikatakan, upacara peringatan Hari Pahlawan Tahun ini, mengangkat Thema "Perkokoh Persatuan Membangun Negeri".

Dengan momen ini, lanjutnya, kita berharap kepada para generasi penerus, dapat meneruskan perjuangan para pahlawan kita yang telah mempertahankan kemerdekaan negara Indonesia, dengan mengisi kegiatan-kegiatan yang positif, sesuai dengan profesi masing-masing.

"Di Hari Pahlawan tahun ini, kita berharap kedepannya, negara Indonesia yang terediri berbagai ribu suku, ras dan agama ini, dapat lebih baik dan tetap saling menjaga persatuan, kesatuan serta keutuhan NKRI," ujarnya.

Disinggung terkait para Veteran yang berada di Karimun, Totok mengatakan bahwa pihaknya bersama  instansi terkait lainya selalu rutin mengadakan kegiatan Anjangsana dengan memberikan santunan serta bantuan berupa bedah rumah dan lainya, dalam meningkatkan ekonomi para veteran sebagai wujud kepedulian terhadap para pejuang (veteran).

"Untuk para veteran, bersama instansi terkait lainya, kita rutin melakukan kegiatan anjangsana, sebagai wujud perhatian dan kepedulian kita terhadap para veteran," pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Karimun, Aunur Rafiq mengatakan bahwa dengan peringatan itu, pesan-pesan pahlawan yang dibacakan dalam upacara peringatan Hari Pahlawan menjadi suatu motivasi bagi seluruh elemen masyarakat. Selain itu, harus juga dapat dipahami serta diaplikasikan dalam kegiatan, sesuai kapasitas di bidang masing-masing.

"Peringatan Hari ini, mengigatkan kita kembali, agar kita dapat selalu menghargai nilai-nilai sejarah akan perjuangan para pahlawan untuk kemerdekaan. Karena, Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa para Pahlawanya," jelasnya.

Maka dari itu, lanjutnya, mari kita isi kemerdekaan ini dengan pembangunan-pembangunan yang memiliki manfaat bagi generasi yang akan datang. Karena, saat ini, kita bukan berat melawan penjajah lagi, melainkan berat melawan bangsa sendiri.

"Semoga dengan peringatan ini, kita dapat bersama-sama menamkan rasa nasionalisme," ajaknya. 

Upacara peringatan itu, dihadiri Bupati Karimun H Aunur Rafiq, Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim, Sekda Karimun M Firmansyah, FKPD, OPD jajaran Pemkab Karimun, TNI-Polri, Veteran dan Pelajar. (Hasian).



Share on Social Media