Advetorial, News

Pemprov Gelar Syukuran Adat Untuk Menyambut Sang Pahlawan Nasional!!!

| Senin 13 Nov 2017 14:16 WIB | 3894




MATAKEPRI.COM, Tanjungpinang - Sultan Mahmud Riayat Syah resmi menjadi Pahlawan Nasional berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 115/TK/Tahun 2017 Anugerah diserahkan langsung oleh Presiden Jokowi kepada ahli waris keturuan kedelapannya yaitu Tengku Husein Saleh di Istana Nega, Sabtu (11/11).

Atas Anugerah ini Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau menggelar berbagai acara penyambutan sebagai rasa syukur dan menghargai jasa-jasa Almarhum Sultan Mahmud Riayat Syah yang telah berkorban harta dan bahkan nyawa untuk Indonesia. Syukuran penganugerahan gelar pahlawan nasional ini dipusatkan di Gedung Daerah, Tanjungpinang.

Gubernur Kepri H. Nurdin Basirun mengatakan bahwa Sultan Mahmud Riayat Syah sebagai Pahlawan Bahari yang dimiliki Kepri saat ini diharapkan menjadi motivasi dan semangat yang dititipkan untuk masyarakat di Kepri guna terus bejuang dengan semangat membangun daerah.

“Para pejuang yang telah berujang dimasa lalu dan kita nikamti kemerdekaannya maka saat inilah kita melanjutkan perjuangan mereka dengan berjuang dalam pembangunan, ekonomi, pendidikan, budaya serta agama,” ujar Nurdin.

Nurdin melanjutkan bahwa disela-sela Penyambutan tadi Tanjungpinang diguyur hujan seakan pertanda yang menggambarkan bahwa Beliau berjuang menjaga keutuhan NKRI khususnya di wilayah Kepri tidak pernah menyerah dan tanpa lelah meskipun dalam keadaan panas, hujan maupun badai dan angin kencang.

“Kejadian yang kita rasakan tadi baiknya kita ambil hikmah dan pelajaran berarti apalagi kita tahu bahwa hujan merupakan pertanda berkah yang datang dari Allah SWT semoga Kepri selalu di berkahi olehNya,” sambung Nurdin.

Tak lupa Nurdin berpesan bahwa perjalanan membangun daerah masih panjang, diibaratkan sebuah perahu bernama Kepri tentu kita semua adalah para pengisi perahu tersebut dengan menjalankan tugas dibidang dan tanggungjawab masing-masing.

“Untuk itu kebersamaan diantara kita sangat dibutuhkan dalam berlayar menuju kejayaan Kepulauan Riau,” tutup Nurdin.

Sementara itu Tengku Husein Saleh selaku ahli waris dari Sultan Mahmud Riayat Syah mengucapkan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh elemen masyarakat yang terus berjuang dan berperan aktif sehingga anugerah ini diberikan.

Syukuran sendiri diawali dengan pembacaan riwayat hidup Sultan Mahmud Riayat Syah oleh Budayawan Melayu Rida K. Liamsi, Dilanjutkan dengan pemberian tepuk tepung tawar oleh Gubernur Nurdin kepada Ahli Waris Tengku Husein Saleh ditutup dengan Penyerahaan tanda penghargaan pahlawan nasional dan Plakat keputusan Presiden RI dari ahli waris Tengku Husein Saleh kepada Gubernur Nurdin.

Hadir pada kesempatan tersebut Sekdaprov Kepri H.TS. Arif Fadillah berserta Istri Hj. Risma Rini, Asisten I dan III Raja Ariza dan Muhammad Hasbi, Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah, Kepala-Kepala OPD, Ketua LAM Abdul Razak, Tokoh masyarakat berserta tamu undangan lainnya.(Humas Pemprov)



Share on Social Media