Batam

Pembukaan KSM Ke 19 tahun 2017 serta HUT Jadinya Kota Batam Ke 188 Tahun

Maman | Sabtu 18 Nov 2017 06:24 WIB | 1361




MATAKEPRI.COM, Batam - Pada puncak jadinya Kota Batam ke 188 serta pembukaan Kenduri Seni Melayu (KSM) ke 19 Tahun 2017, Jumat (17/11/2017) di lapangan Engku Putri Batam Centre, sekitar Pukul 19.30 Wib. KSM suatu ajang seni melayu yang ada di negara perumpun melayu. 

Dalam acara ini juga diikuti dari negara Serumpun melayu, Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Thailand dan Vietnam. Sedangkan tuan rumah Indonesia diikuti oleh Provinsi Kepulauan Riau, Riau, Jambi, Sumatera Barat, Jogjakarta dan Jakarta serta diadakan bazar para UKM daerah masing - masing. 

"Kita berkumpul bersama - sama disini untuk launching jadi Kota Batam ke 188 dan pembukaan SKM, baru kenal sudah sangat sayang, mengapa demikian, karena sambutan bapak Walikota Batam , DPRD Kota Batam serta masyarakat kota Batam yang sangat baik sejak kami datang ke Batam, hari ini baru pertama kali saya memakai baju melayu sejak saya dibatam, awal bulan depan semua karyawan BP Batam akan memulai memakai seragam melayu setiap hari jumat, ini sebagai tanda kekompakan kami  dengan Pemko Batam, satu bulan ini kami melihat satu kunci Batam lebih maju yaitu kebersamaan, bapak Walikota Batam telah menunjukan kekompakan dengan BP Batam untuk memajukan Batam, karena Batam mempunyai potensi sangat besar di pariwisata, Batam akan menjadi seperti Bali mempunyai wisatawan besar. Batam mempunyai budaya melayu yang besar,"Kata Kepala BP Batam, Lukita, dalam pidato. 

"Kami memberikan apresiasi kepada bapak Walikota Kota Batam karena menjadikan batam sebagai kota melayu, karena orang melayu Orangnya santun, banyak seni dan bapak Walikota juga merangkul instansi lain untuk menjadikan kota Batam menjadi kota yang baik, seperti yang kita cita - citanya, kegiatan pak wali yang nyata, kami dari DPRD Kota Batam akan mendukung setiap kegiatan supaya Kota Batam menjadi kota melayu,"kata Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto didalam pidato. 

"Usia Batam telah tua yaitu 188 tahun, usianya sudah berapa generasi, Batam telah membaik, karena 3 instansi mendukung Pemko Batam, BP Batam, dan DPRD Kota Batam. Pada tahun 2022 pulau putri di Nongsa akan kita sulap seperti di Malaysia ditahun depan kita akan membangun resort dipinggir pantai, kalau KSM berkembang akan dapat membantu perekonomian Batam membaik, disini saya sebagai pemimpin mempromosikan wisata Kota Batam, jika bagus silahkan datang ke kota Batam, kalau tidak bagus silahkan tinggalkan Batam,"Pidato Walikota Batam, H. M. Rudi, SE, MM. 

Setelah Walikota Batam membaca pidato, dilakukan pembukaan acara KSM dengan menekan Bel yang diikuti oleh perwakilan dari Negara - Negara Serumpun melayu, tanda pembukaan KSM telah dimulai. (Juliadi)



Share on Social Media