Batam

Ratusan Bayi Ikuti Cukur Rambut Massal di Karimun

Maman | Jumat 01 Dec 2017 13:37 WIB | 2055



CUKUR : Bupati Karimun Aunur Rafiq saat melaksanakan prosesi cukur rambut pada kegiatan cukur rambut bayi massal, Jumat


MATAKEPRI.COM, Karimun - Ratusan bayi di Karimun, mengikuti acara cukur rambut massal yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun, Jumat (1/12/2017) di Rumah Dinas Bupati Karimun, Jalan Yos Sudarso Tanjung Balai Karimun. Prosesi cukur rambut massal itu, dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Bupati Karimun Aunur Rafig mengatakan bahwa cukur rambut bayi massal ataupun Saripul Anam yang diselenggarakan oleh Pemkab Karimun melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karimun itu, dalam rangka menyambut peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada hari ini, Jumat, 1 Desember 2017.

"Sariful Anam ini, merupakan tradisi Melayu yang telah menjadi satu budaya di Kabupaten Karimun. Dalam kegiatan ini, kita bersama-sana mendoakan agar bayi kelak menjadi anak yang soleh dan soleha, serta insani yang Qurani, bertakwa kepada Allah SWT," ungkapnya.

Ditambahkan, acara yang digelar itu, sebagai wujud melestarikan budaya melayu di Karimun dan sekaligus untuk memperkenalkan tradisi-tradisi melayu kepada wisatawan lokal maupun mancanegara. 

Diharapkan kedepan, kegiatan-kegiatan dan pagelaran tradisi-tradisi seperti itu, sangat perlu lebih ditingkatkan lagi. Mengingat Kabupaten Karimun yang berlandaskan bumi berazam itu, dikenal dengan budaya kemelayuan yang sangat kental. Oleh karena itu, budaya yang telah turun temurun, perlu dilestarikan.

"Budaya yang turun menurun, perlu dilestarikan. Mengingat Kabupten Karimun adalah, merupakan daerah tanah Melayu. Kegiatan seperti ini, sekaligus senagai ajang untuk memperkenalkan tradisi Budaya Melayu kepada wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara," pungkasnya.

Dikesempatan yang sama, Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karimun H zamri menyebutkan, kegiatan cukur rambut bayi massal Tahun ini, diikuti oleh kurang lebih 120 an bayi yang terdiri dari 12 Kecamatan, di Kabupaten Karimun. Untuk Perkecamatan, lanjutnya, kurangvlebih diikuti oleh sekitar 10-15 an bayi.

"Kegiatan ini, merupakan kegiatan yang kedua kalinya digelar. Mudah-mudahan Tahun depan, kegiatan seperti ini akan diikuti lebih banyak peserta. Semoga kita dapat meraih rekor MURI," harapnya. (Hasian).



Share on Social Media