Batam

Seni Dan Adat Budaya Melayu Identitas Serta Ciri Khas Kota Batam

Juliadi | Kamis 22 Feb 2018 08:58 WIB | 4738

DPRD



MATAKEPRI.COM, Batam - Terkait dengan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) mengenai kemajuan Seni dan Adat Budaya Melayu, di sambut baik oleh semua anggota DPRD Kota Batam. 

Menurut salah anggota Komisi IV DPRD Kota Batam, Aman, SP.d, semua anggota DPRD Kota Batam mengapresiasi dan semua sekolah sangat mengapresasi dengan adanya Peraturan Daerah (Perda) tersebut. 

"Semua sangat mengapresasi dengan Perda kemajuan Seni dan adat Budaya Melayu, karena sekolah juga sangat mengapresasi Perda tersebut, karena semua sangat mengapresasi maka tinggal kita tunggu tahapan berikutnya meminta pandangan dari semua fraksi di Rapin atau Rapat Pimpinan yang menghadirkan semua pimpinan fraksi untuk meminta pendapat terkait Ranperda ini, "ujar Aman, Kamis (22/2/2018) di Kantor DPRD Kota Batam. 

Aman, juga mengatakan dari pandangan masing - masing fraksi tidak ada masalah dan mendukung dengan Ranperda Kemajuan Seni dan Adat Budaya Melayu tersebut. 

"Insya Allah dalam pembahasan tidak ada masalah prudisial dari pandangan masing - masing fraksi artinya masing - masing fraksi mendukung dengan adanya Ranperda ini," kata Aman.

Aman, juga mengatakan dengan adanya Perda tersebut bisa meningkatkan kunjungan Wisatawan, Perda tersebut merupakan identitas dan ciri khas Kota Batam. Perda ini tinggal tunggu di Paripurna kan. 

"Dengan adanya Perda tersebut akan meningkatkan kunjungan wisatawan yang datang ke Kota Batam, budaya melayu ini adalah identitas Kota Batam dan juga ciri khas yang bisa di nikmati oleh wisatawan mancanegara dan wisatawan lokal yang datang. Dan untuk itu setelah Rapin di sepakati oleh semua fraksi tinggal di Paripurna kan saja, "kata Aman. 

Aman, juga mengungkapakan, Batam kedepan akan dapat mengexpoisasi potensi Budaya dan seni. Serta di Daerah seperti Bali dan Bandung di setiap Restoran dan Hotel menampilkan Budaya dan Seni serta Kulinernya juga. 

"Poin - poin Ranperda ini adalah yang sudah saya jelaskan di awal lalu bagaimana Batam kedepan akan mampu mengexpoisasi potensi Budaya dan seni itu sendiri, karena potensi sangat luar biasa gitu ya. Coba kita di Daerah lain misal seperti Bali, di Bandung di setiap Restoran di Hotel di sana menampilkan Seni dan Budaya Daerah dan juga Kuliner serta makanan di sajikan di Hotel, ujar Aman. 

Aman juga meminta supaya kuliner khas Batam di tampilkan di setiap Restoran dan Hotel Batam, supaya Kuliner Khas Batam bisa di hidupkan kembali supaya bisa di kenal oleh para wisatawan mancanegara maupun Wisatawan lokal. 

Melalui Pemko Batam Aman, ingin supaya di setiap Restoran maupun Hotel menampilkan kuliner khas Batam. Wisatawan yang datang ke Restoran dan Hotel dapat menikmati makanan khas Batam tersebut, supaya dapat meningkatkan kunjungan wisatawan yang pernah di sampaikan oleh Walikota Batam yang di desain sebagai kota wisata. 

Di setiap sekolah juga akan di adakan pelajaran tentang Seni dan Budaya Melayu, supaya putra putri Kota Batam akan memahami akhlak - akhlak Budaya Melayu dan nilai - nila agama dengan adanya Perda tersebut. 

Menurut Aman, di setiap jenjang sekolah akan ada pelajaran muatan lokal Seni dan Budaya, kalau Ranperda telah di sahkan menjadi Perda akan ada Peraturan Walikota (Perwako). 

"Ini akan menjadi Pelajaran di Muatan Lokal di setiap jenjang sekolah SD, Smp dan SMA dan di setiap sekolah akan ada singkrah - singkrah Seni dan Budaya, nanti kedepan kalau Ranperda ini di sah kan menjadi Perda pada Paripurna Jumat nanti. akan ada  Perwako juga," ujar Aman.
 
Kedepannya Aman, meminta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata bisa menggaet dana misal dari APBN bisa di lontarkan ke Daerah - daerah untuk bisa mendapatkan dana pemulihan Seni dan Budaya tradisional, misalnya pembangunan cagar Budaya karena di Batam ini juga menyimpan Cagar Budaya ini yang menjadi titik lokasi wisata. (Juliadi) 



Share on Social Media