Natuna, News

Gedung Sri Serindit Dihiasi Pagelaran Adat Tapanuli Selatan

| Kamis 22 Feb 2018 16:09 WIB | 2496



Gedung Sri Serindit Dihiasi Pagelaran Adat Tapanuli Selatan (istimewa)


MATAKEPRI.COM - Pagelaran adat Tapanuli Selatan (Mandailing) menghiasi Gedung Sri Serindit, Natuna, dalam rangkaian pesta adat pernikahan anak Bapak H.Hasmar Nasution yaitu Wahyu Hasrio Nasution, SH,M.Kn dengan Retno Novi Isnani, SH,MH, Kamis (22/2).

Tradisi mangayapi, upah upah, maronang onang dan manortor berlangsung dengan apik diiringi dengan musik daerah.

Penasehat Ikabina yang juga kepala Pengadilan Agama Natuna Darwin Batubara, SH,M.Sy mengatakan persembahan budaya daerah Tapanuli Selatan (Mandailing) ini pertama kalinya ditampilkan di Natuna.

“Momen ini kedepan untuk kita harapkan suatu langkah untuk melestarikan budaya daerah. Kepada seluruh masyarakat, khususnya masyarakat Tapanuli Selatan (Mandailing) yang menetap di Kabupaten Natuna agar supaya generasi kita kedepan juga dapat mengetahui adat istiadat dan budaya daerahnya masing masing, seiring jaman yang terus berubah,” ucapnya.

Darwin juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Tapanuli Selatan kedepannya untuk berupaya melestarikan budaya Tapanuli Selatan dengan pesta adat (Horja) dalam melaksanakan pernikahan, karena itu salah satu menjadi tandanya perantuan dari Tapanuli Selatan.

“Harapannya agar anak-anak kita tidak melupakan adat istiadat dan budaya daerahnya,” tambahnya.

Acara tersebut juga dihadiri sesepuh tokoh masyarakat Mandailing, seluruh parsadaan punguan Ikatan Batak Islam Natuna (IKABINA), tokoh masyarakat, serta tamu undangan lainnya. (***)








Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait