Natuna, News, Politik

Duduki Jabatan Baru, Sumarno Mendapat Amanah dari Masyarakat Batubi Jaya

| Kamis 01 Mar 2018 11:41 WIB | 789




MATAKEPRI.COM, Natuna – Setelah ditinggal kabur sang kepala desa sekitar satu tahun lebih, akhirnya kini masyarakat Batubi Jaya, Kecamatan Bunguran Batubi, memiliki Kades baru. Tentu saja melalui tahapan pemilihan kepala desa (Pilkades) digelar pada Rabu (28/02/2018).

Pilkades Batubi Jaya diikuti 3 (tiga) orang calon kepala desa. Namun hasil akhir penghitungan, Sumarno terpilih sebagai Kades baru karena memperoleh suara terbanyak.

Sumarno mendapat amanah dari masarakat dengan berhasil mengumpulkan 198 suara. Sementara itu, dua orang kandidat lainnya yakni Ramli dan A.Hamzah, masing-masing memperoleh 112 dan 23 suara.

Dengan hasil menang telak tersebut, Sumarno berhak menduduki jabatan Kades Batubi Jaya, dimana sebelumnya mengalami kekosongan.

Anggota BPD Batubi Jaya Mursidi mengatakan, Pilkades ini telah sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 65 tahun 2017. Mengharuskan adanya Pergantian Antar Waktu (PAW) karena kekosongan Kepala Desa.

“Hal ini juga atas desakan masyarakat, agar secepatnya dipilih kepala desa baru. Dan diharapkan bisa membenahi segala permasalahan di desa Batubi jaya” terang Mursidi di aula desa.

Sebelumnya, desa Batubi jaya dipimpin oleh Slamet, namun ditengah masa kepemimpinanya terjadi banyak permasalahan dan tidak bisa dipertanggungjawabkan. Tepatnya pada tanggal 9 Januari 2017 Slamet pergi meninggalkan Natuna.

“Pak Slamet dulu tidak bisa membuktikan hasil pekerjaan yang telah direncanakan oleh pihak desa” terang Mursidi.

Dikatanya, Slamet tidak melaksanakan pekerjaan beberapa pengadaan diantaranya, pengadaan tenda, kursi, pemberdayaan PKK yang dinilai merugikan anggaran desa ratusan juta rupiah.

“Dengan terpilihnya kepala desa yang baru, kita berharap kejadian seperti kepala desa lama tidak terulang lagi” tutur Mursidi

Hal senada juga disampaikan Camat Bunguran Batubi Hasanuddin Zaen, dirinya berharap kepala desa baru bisa memimpin desa dengan baik dan dapat menjadi contoh bagi warganya.

“Di Natuna ini yang pertama, memilih PAW kepala desa meski masa jabatan kades ini tinggal 14 bulan lagi. Alhamdulillah pemilihan kepala desa berjalan tertip tidak ada masalah berarti” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut turut hadir Ketua Komisi I DPRD Natuna Wan Sofian. Ia mengapresiasi pemilihan Kades berlangsung aman dan tertib.(***)




Berita Terkait

Tidak ada berita terkait