Karimun, News, Kepri, Karimun, Publik

Rembug KTNA Tahun 2018 Dibuka Bupati Karimun

| Senin 12 Mar 2018 16:29 WIB | 908

Bupati


Bupati Karimun, Aunur Rafig, saat diwawancarai awak media usai hadiri Rembug KTNA Tahun 2018, Senin (12/3/2017) di Gedun


MATAKEPRI.COM, Karimun - Bupati Karimun, Aunur Rafig menghadiri dan sekaligus membuka acara Rembug Daerah Kelompok Kontak Tani Nelayan (KTNA) Kabupaten Karimun Tahun 2018, Senin (12/3/2017) di Gedung Nasional Jalan Yos Sudarso Tanjung Balai Karimun. Rembug Daerah KTNA itu, dengan Motto "Dengan rembug daerah KTNA, kita majukan Petani Nelayan sebagai ketahanan pangan nasional".

Laporan Ketua Panitia Penyelenggara Rembug KTNA Kabupaten Karimun Tahun 2018, Syarifuddin, dalam sambutanya, disampaikan bahwa kegiatan tersebut diselenggarakan berdasarkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) serta dasar hasil rembug Pekan Nasional (Pemnas) ke-15 Tahun 2018 yang digelar KTNA Kabupaten Karimun, di Aceh, baru-baru ini. Hasil Pemnas itu juga dilanjutkan dimasing-masing daerah, baik Kabupaten/Kota maupun tingkat Provvinsi.

Disebutkan, Rembug KTNA itu bertujuan untuk mengevaluasi hasil daripada rembug-rembug yang telah dilakukan serta dalam rangka menjalin sialhturahmi antar sesama anggota kelompok tani dan nelayan kepada pemerintah daerah maupun instansi-instansi terkait lainya. Selain itu, rembug itu juga bertujuan untuk menambah wawasan dan informasi dibidang pertanian dan nelayan kepada seluruh petani maupun nelayan.

Ketua KTNA Kabupaten Karimun, Amirullah mengatakan, hingga saat ini, anggota KTNA Kabupaten Karimun, sudanh berjumlah 21.522 orang. Terdiri dari Petani dan Nelayan. Di  Kecamatan Karimun, sambungnya, berjumlah 25 kelimpok tani  dan 42 kelompok nelayan. Kecamatan Tebing 59 kelompok tani dan 61 kelompok nelayan, Meral 72 kelompok tani dan 87 kelompok nelayan, Meral Barat 68 kelompok tani dan 38 jelompok nelayan.

Sedangkan di Kecamatan Buruh, berjumlah 37 kelompok tani dan 54 kelompok nelayan, Kundur 91 kelompok tani dan 76 kelompok nelayan, Kundur Utara 87 kelompok tani dan 81 kelompok nelayan, Unggar 12 kelompok tani dan 84 kelompok nelayan, Belat 30 kelompok tani dan 41 kelompok nelayan, Moro 36 kelompok tani dan 128 kelompok nelayan. 

Jumlah keseluruhan, sambungnya, berjumlah 622 untuk kelompok tani dan 844 kelompok nelayan, dengan anggota lebih kurang 6.220 kelompok tani dan 8.440 kelompok nelayan. Kemudian untuk kelimpok wanita tani, 2410 dan 340 nelayan. Selain itu,  taruna tani berjumlah 1.701 orang dan 2.410 orang nelayan. Sehingga jumlah keseluran anggota kelompok, baik tani dan nelayan, berjumlah 2522 orang.

"Inilah semua anggota KTNA Kabupaten Karimun yang berada di pelosok Desa, tepi-tepi laut dan ditepi-tepi hutan. Maka dengan keberadaan petani dan nelayan ini, diharap dapat membantu meningkatkan perekonomian di Kabupaten Karimun," sebutnya.

Sementara itu, Bupati Karimun, Aunur Rafiq menyampaikan bahwa apapun hasil yang didapat dari kesepakatan itu,  nantinya akan dibahas pada saat menggelar rakorbang. Dalam rakirbang yangvakan digelar pada  tanggal 19 dan 20 Maret 2018 yang akan datang, pihak KTNA, juga akan diundang. Apapun hasilnyabnanti, sambung Bupati, akan dibawa ketingkat Provinsi dan tingkat nasional.

Bupati juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Ketua Panitia maupun Ketua KTNA yang telah menyelenggarakan acara tersebut.  Rembang itu, tambahnya, berdasarkan hasil bincang-bincang terhadap tindak lanjut dari acara Pemnas yang digelar di Bali dan Aceh, untuk dipersentasikan dan diterapkan di Kabupaten Karimun melalui Dinas Pertanian Kabupaten Karimun. 

Diharapkan, dengan diimplimentasikan nantinya segala hal yang berkaitan dengan pertanian dan nelayan, akan menjadi tolakbukur dan pedoman dalam meningkatkan kualitas pertanian maupun kualitas para nelayan di Kepri, terkhusus di Kabupaten Karimun. Apapun segala permasalahan maupun kendala yang dialami petani maupun nelayan tersebut, akan dibahas dalam rembug pada sesi tanya jawab oleh narasumber.

"Terimakasihbkepada para narasumber yang ikut serta dalam rembug ini. Demgan dana swadaya dari KTNA, acra ini dapat terlaksana. Semoga kedepan, pemda dapat berkontribusi melalui anggaran APBD Tahun depan," pungkasnya.

Kegiatan itu, juga dihadiri, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Karimun, Kepala Pertanian Kabupaten Karimun, Anggota DPRD Kabupaten Karimun, Kepala OPD, Camat se-Kabupaten Karimun, narasumber PT Timah, BPJS, Bank BRI Karimun dan peserta yang terdiri dari anggota dan pengurus KTNA Kabupaten Karimun.  (hasian)