Bintan, News, Kesehatan, Ekonomi

Sangat Memprihatinkan, Waduk Gesek Dipenuhi Sampah & Lumut Pekat

| Rabu 04 Apr 2018 11:02 WIB | 2662



Waduk Gesek (net)


MATAKEPRI.COM, Bintan - Kondisi waduk gesek yang berada di Jalan Uban Toapaya Asri, Kecamatan Toapaya Kabupaten Bintan saat ini sangat memperhatikan, mengingat beberapa lokasi di sekitar waduk dipenuhi lumut pekat berwarna hijau dan sampah yang mengambang di air.

Beberapa area juga ditemukan sejumlah sampah plastik seperti botol air mineral, produk kemasan yang tidak diketahui dari mana sampah tersebut berasal.

Menanggapi hal tersebut, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kepri, telah berkoordinasi dengan Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera IV di Batam untuk menormalisasi kondisi waduk Gesek.

“Untuk informasi tersebut, ang bisa kita sudah berkoordinasi dengan BWS (Balai Wilayah Sungai) yang ada di Batam. Sementara ini, mereka sudah ada program untuk OP (Operasi dan Penyiaran), kita menunggu waktunya akan ada pekerjaan mau operasi pembersihan,”kata Kasubag Produksi PDAM Tirta Kepri Budiyanto di lokasi waduk.

Terkait keberadaan lumut pekat dan sampah plastik yang berserak di waduk, PDAM Tirta Kepri selaku operator pelayanan air minum, memastikan kondisi air yang diterima pelanggan dari waduk gesek dipastikan aman.

Air yang diterima dari waduk gesek telah melalui tahapan filter dan pengolahan intensif. Sehingga dijamin tetap berkualitas dan higienis untuk dikonsumsi masyarakat.

“Selaku operator pelayanan, PDAM harus tetap menjaga kondisi air (waduk) yang seperti ini dan kita tetap mengolahnya dengan baik. Jadi air kita olah menggunakan beberapa tahapan lalu kita filter, kita saring, kemudian diberikan bahan pembersih lalu kita distribusikan ke pelanggan,” tutup Budi. (**)



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait