News

Kepala BI Sebut Perekonomian Provinsi Kepri Alami Kenaikan

Maman | Minggu 20 May 2018 21:53 WIB | 2132




MATAKEPRI.COM, Batam - Bank Indonesia (BI) kembali mengelar jumpa Pers,  Pertemuan yang diselenggarkan di Hotel Radisson, Minggu ( 20/05/2018). Pertemuan ini dalam rangka  Kajian Ekonomi dan Keuangan Regional Provinsi Kepulauan Riau 2018.

Gusti Raizal Eka Putra selaku Kepala Perwakilan Kantor Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Riau mengatakan perekonomian Provinsi Kepulauan Riau mulai mengalami peningkatan pada triwulan 1 Tahun 2018

"Pertumbuhan ekonomi Kepri 4,47%, lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan triwulan  sebelumnya sebesar 2,57%, namun masih rendah dibandingkan pertumbuhan ekonomi nasional yang tumbuh 5,06 % ", ungkap Gusti Raizal.


Dari sisi permintaan, pertumbuhan ekonomi triwulan 1 Tahun 2018 dipengaruhi oleh perbaikan kinerja investasi, sedangkan dari segi Lapangan Usaha, pertumbuhan ekonomi bersumber dari perbaikan kinerja sektor industri pengolahan, konstruksi dan perdagangan.

"Membaiknya perekonomian Kepri pada triwulan 1 Tahun 2018 turut mendorong kinerja perbangkan. Kinerja perbankan membaik dibandingkan triwulan sebelumnya tercermin dari peningkatan pertumbuhan Kredit, tercatat tumbuh menguat 7,25% dibandingkan tahun 2017 " , tutur Gusti Raizal.

Sejalan dengan membaiknya kinerja perbankan, kinerja bank umum konvensional juga menunjukan perbaikan, sementara kinerja pembiayaan Bank Syariah mengalami perlambatan pada 2018.

Menurut Gusti Rizal kepada awak Media Sesuai dengan history, Net Outflow mengalami peningkatan sementara pembayaran non tunai mengalami Kontraksi namun dalam masih katagori normal dibanding tahun lalu.

Perekonomian Kepri 2018 diperkirakan tumbuh pada kisaran 4,3 - 4,7 % sedangkan Laju Inflasi diperkiran akan sedikit melemah karena sudah tidak ada lagi rencana kenaikan tarif listrik.

"Namun masih terdapat resiko pendorong yaitu peningkatan permintaan bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri yang dapat meningkatkan inflasi Volatile Food ", Ungkap Gusti Raizal. ( Iwan )



Share on Social Media