Lingga

Sulit Dapatkan Pendidikan, Anak-Anak Kojong Banyak Tidak Mengerti Bahasa Indonesia

Maman | Sabtu 23 Jun 2018 09:00 WIB | 4085



Anak-Anak di Desa Penaah Dusun 2 Kojong, Kecamatan Sebayang, Kabupaten Lingga yang membutuhkan pendidikan yang layak.


MATAKEPRI.COM, Lingga - Pendidikan merupakan salah satu kunci penanggulangan kemiskinan, baik dalam jangka menengah atau pun dalam jangka panjang. Namun, masih banyak masyarakat miskin yang memiliki askes terbatas dalam memperoleh pendidikan yang bermutu seperti yang di alami masyarakat Desa Penaah Dusun 2 Kojong, Kecamatan Sebayang, Kabupaten Lingga. 

Hal ini disebabkan karena sulitnya sarana transportasi yang menghubungkan daerah Kojong dengan Pulau Buluh, yang memiliki sekolah jauh  dan tidak adanya tenaga pengajar di wilayah tersebut.

Usup selaku Ketua RW Dusun 2 Kojong, berharap agar pemerintah daerah bisa memberikan solusi terbaik terhadap dunia pendidikan di daerahnya. 

"Kami berharap adanya tenaga pengajar untuk mendidik anak- anak di kampung kami“,pinta Usup. 

Kemudian Zubinarto selaku aktifis mengatakan, ini merupakan tugas dan tanggung jawab dinas terkait, dan berharap secepatnya pemerintah daerah memberikan bantuan kepada warga kojong 

"Anak- anak Kojong sangat berharap mereka dapat pendidikan, raut wajah bahagia dari anak anak yang ingin ikut belajar bersama, dan saya juga akan memberikan bantuan berupa buku pelajaran yang berasal dari dana pribadi ", ungkap Zul.

Akibat susahnya mengenyam pendidikan, bahkan ada yang sama sekali tidak pernah makan bangku sekolahan hingga dewasa mengakibatkan tingginya angka pengangguran dan hidup dalam kemiskinan di daerah tersebut

Hingga kini seperti penyampaian Usup Ketua RW, belum ada perhatian dari instansi terkait. Seolah-olah masyarakat di Kojong telah mendapatkan pelayanan pendidikan yang memadai. Tapi, kini realitasnya sungguh terbalik. 

Saat ini mereka tidak mendapatkan akses pendidikan. Berbahasa Indonesia pun tidak mengerti, apalagi mengenal dan tahu membaca serta berhitung.(iwan)



Share on Social Media