Bintan

Pengurusan Akta Kelahiran Gratis di Bintan Capai 57 Ribu Anak

Maman | Selasa 10 Jul 2018 15:31 WIB | 4477



Bupati Bintan H Apri Sujadi , S.Sos


MATAKEPRI.COM, Bintan - Data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bintan tercatat hingga Juli 2018. Untuk persentase penerbitan akta kelahiran anak usia 0 hingga 18 tahun sudah mencapai 85%. Bupati Bintan H Apri Sujadi , S.Sos mengatakan bahwa akta kelahiran anak merupakan kewajiban dalam rangka pemenuhan kebutuhan administrasi anak sehingga dapat memperoleh pelayanan dari pemerintah.

"Pelayanan akta kelahiran anak , terus kita lakukan pembenahan. Setidaknya akhir tahun ini, kita targetkan bisa capai 100% " ujarnya , Senin (9/7) pagi. 

Sementara itu, Plh Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bintan Irianto mengatakan bahwa kepemilikan akta lahir anak memang terus mengalami kenaikan persentase. Dari 57.113 anak usia 0 - 18 , 85 % anak sudah memiliki Akta Kelahiran. 

Ditanya perihal progress program akta lahir cepat , dirinya mengatakan bahwa hingga saat ini program tersebut masih terus berjalan. Bahkan program tersebut diakuinya mampu mempercepat pencapaian angka persentase akta lahir tersebut. 

"Program akta lahir cepat mulai dari bayi usia 0 - 60 hari, kita terima data dari pihak kecamatan dan langsung kita proses, bahkan saat ini kita sudah meletakkan operator yang bekerja dengan rumah sakit RSUD Kabupaten Bintan guna proses setiap akta lahir untuk bayi yang lahir disana " ujarnya

Data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bintan bahwa cakupan kepemilikan Akta Kelahiran Anak di Kabupaten Bintan Usia 0 sd 18 tahun mencapai angka 91%, jauh dari yg di targetkan Pemerintah Pusat sebesar 85%. Dari 57.113 anak usia 0 - 18 tahun, 85 % anak diantaranya sudah memiliki Akta Kelahiran.(bobi) 



Share on Social Media