Batam

Kunjungi GAFI, BP Batam Tukar Informasi Perizinan Investasi

Juliadi | Rabu 03 Oct 2018 16:35 WIB | 2251

BP Batam


Istimewah


MATAKEPRI.COM, Batam - Delegasi BP Batam mengunjungi General Authority for Investment and Free Zones (GAFI) di Nasr City, Cairo, 11562, Mesir (2/10/2018). Delegasi BP Batam yg dipimpin Kepala BP Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo disambut langsung Wakil Kepala GAFI, Mohamed Abdul Wahab. Kepala BP Batam didampingi oleh Direktur PTSP, Ady Soegiharto.

Pertemuan yang berlangsung selama 2 jam itu membahas mengenai perizinan yg berlaku di pemerintahan mesir serta memberikan informasi perijinan yang berlaku di Batam. Terdapat beberapa kesamaan peraturan mengenai free trade zone yang merupakan pembahasan selanjutnya, di mana hal ini sangat berkaitan dengan investasi dan sistem perizinan.

GAFI adalah Otoritas pemerintah dibawah Kementerian Investasi Mesir yang mengatur, memfasilitasi dan memberikan bantuan kepada investor yang ingin berbisnis di Zona Bebas Mesir. Dengan sistem perizinan one-stop shop untuk investasi di Mesir, GAFI memudahkan para investor global untuk memanfaatkan peluang investasi di Mesir sebagai negara yang kuat sebagai pusat ekspor untuk Eropa, dunia Arab dan Afrika.

Satu hal yang menarik bahwa pada layanan perizinan di Mesir mempunyai layanan premier. Layanan ini bukan dari masalah besarnya nilai investasi tapi lebih kepada layanan cepat dalam waktu 1(satu) jam bagi pelaku usaha yg membayar 10000 pounds egypt atau sekitar 500 US dolar. 

Sama halnya dengan Batam sebagai wilayah perdagangan bebas dan pelabuhan bebas yang memudahkan investor global melalui Rancang bangun sistem berbasis Teknologi Informasi Online Single Submission (OSS). Posisi strategis Batam secara geografis yang berada di jalur lalu lintas perdagangan internasional Selat Malaka yang merupakan jalur perdagangan internasional tersibuk kedua setelah Selat Dover di Inggris, mmebuat Batam menjadi tujuan kawasan investasi yang kompetitif di Asia Pasifik. 

Kedua keistimewaan wilayah bebas ini, akan menjadi sebuah kalaborasi yang apik bila tercipta kerja sama antara kedua wilayah. 

Dalam kesempatan ini Lukita menyatakan bahwa Mesir mempunyai aksesibilitas terhadap pasar Timur Tengah, Afrika, Eropa dan Amerika sehingga dapat memperluas pasar produksi Batam apabila ada kerjasama yang baik dalam bidang ekonomi. (***) 

Sumber : Humas BP Batam 



Share on Social Media